RADARJOGJA.CO.ID – Universitas Ahmad Dahlan (UAD) terus memperluas jaringan. Baru-baru ini, Perguruan Tinggi Muhammadiyah ini menjalni kerjasama dengan Perguruan Tinggi (PT) asal India. Kerjasama itu meliputi pertukaran dosen, mahasiswa, dan peluag membuka beasiswa bagi generasi kedua negara yaitu Indonesia dan India.

“Kami memiliki India karena pendidikan dan ekonomi di India mengalami perkembangan yang pesat. Selain itu, biaya pendidikan dan hidup di Indonesia relatif sama dengan di Indonesia. Biaya hidup di sana sekitar Rp 1,2 juta per bulan dan pendidikan Rp 2 juta per bulan,” kata Kepala Kantor Hubungan Internasional UAD, Ida Puspita.

Sebagai bentuk tindak lanjut kerjasama tersebut, UAD bersama PT asal India mengadakan seminar bersama dan pameran pendidikan. Pameran pendidikan ini untuk memberikan informasi kepada pelajar di Jogjakarta terhadap keberadaan perguruan tinggi di India.

“Kami juga memfasilitasi dengan PTS lain bila ada yang ingin kerjasama dengan pemerintah India. Kami undang 35 PTS Jogja untuk berdiskusi bersama,” tambah Ida. (mar/hes)