RADARJOGJA.CO.ID – Laga berat bakal menanti PSS Sleman saat berlaga di Piala Presiden 2017. Tergabung di grup A, Super Elja bakal bersaing dengan tiga tim lain penghuni kasta tertinggi. Bahkan, di laga perdana Busari dkk harus menghadapi juara Indonesian Soccer Championship (ISC) A, Persipura Jayapura. Kemudian, ada Mitra Kukar, dan Persegres Gresik United.

Grup neraka tersebut tentunya membuat persaingan bakal sengit. Status tuan rumah, membuat Super Elja tak mau hanya peserta turnamen pramusim. Berbagai persiapan demi meningkatkan performa skuad Super Elja pun dilakukan. Salah satunya menjajal klub sesama Liga 2, Persikama Kabupaten Magelang.

Uji coba dengan Persikama kemungkinan juga untuk memantapkan formasi 4-3-3 yang tersirat diinginkan Pelatih PSS Freddy Muli. Selain tentunya juga mencoba alternatif strategi lain, 4-4-2 dan 4-2-3-1 yang sempat d igunakan dalam Indonesia Soccer Championship (ISC) B.

Tiga formasi ini disesuaikan dengan komposisi sementara pemain Laskar Sembada saat ini. Dari 19 pemain yang sudah bersepakat secara lisan dengan manajemen, Don Freddy melihat kekuatan tim ada di lini sayap. Saat melawan Melati Selection pekan lalu di Stadion Tridadi pemain sayap PSS sudah tampil disiplin naik turun.

Mereka sudah baik saat harus membantu serangan maupun turun memperkuat pertahanan. Dia ingin kembali melihat kemampuan para pemain sayapnya ini di laga melawan Persikama yang punya kelas di atas lawan sebelumnya. “Besok lawan Persikama mungkin bisa sedikit jadi ukuran karena kelasnya di atas lawan kemarin. Saya mau lihat bagaimana respon para pemain sayap dan juga gelandang,” ujarnya Minggu (29/1).

Mantan pelatih Persebaya itu sempat meminta manajemen untuk mencari lawan uji coba tim yang setara dengan PSS sebelum berlaga di Piala Presiden. Hanya Persikama, tim yang levelnya berada di bawah PSS yang siap uji coba. Para pemain pun kembali berkumpul Senin (30/1) hari ini untuk menyiapkan skema setelah kemarin libur. PSS ketambahan dua pemain baru, Habib Arisandy dan Tedy Berlian.

“Hari ini kami mantapkan mulai skema sampai strategi yang akan dipakai di laga uji coba. Laga besok itu penting lah sebelum ke Piala Presiden,” tegas pelatih asal Sidoarjo, Jawa Timur (Jatim) ini. (riz/eri)