RADARJOGJA.CO.ID – Memberikan pemahaman mengenai benda-benda cagar budaya yang termasuk benda tosan aji, 35 anak dari Kelompok Bermain (KB) Munawaroh Purworejo digiring mengunjungi Museum Tosan Aji (MTA), Jumat (27/1). Sebagai salah satu benda warisan dunia yang tercatat di UNESCO, keberadaan keris masih kalah pamor dengan pistol bagi anak-anak.

“Jika disebutkan pistol seperti apa, anak akan bisa menggambarkan. Tapi kalau ditanyakan keris, mereka masih bingung. Makanya tidak sekadar melihat melalui gambar, anak-anak kami ajak untuk mengenal lebih dekat dengan keris ke sini,” kata Kepala KB Munawaroh Eliyanti Ningrum.

Dikatakan, mengedukasi anak secara langsung memang lebih mengena dibandingkan hanya sekadar bercerita. Padahal nyaris setiap hari anak diajarkan melalui beragam cerita mengenai segala hal.

“Makanya kami setiap bulan mendatangi lokasi sesuai tema yang ditentukan. Di situ anak bisa menambah wawasannya dengan panduan dari narasumber yang berbeda dengan gurunya,” tambahnya.

Petugas Bagian Konservasi Museum Tosan Aji Purwanto yang menerima dan mendampingi anak selama berada di museum mengakui, angka kunjungan siswa sekolah ke MTA masih mendominasi. Hal ini diharapkan akan memberikan pengenalan dasar kepada anak terhadap benda-benda cagar budaya.

“Kalau datang dengan niat pribadi masih akan jauh. Namun jika difasilitasi sekolah, mau tidak mau anak akan datang. Ternyata anak juga senang selama di museum karena menemukan hal baru yang selama ini belum didapatkan,” kata Purwanto. (udi/laz/dem)