RADARJOGJA.CO.ID – Lurah Wates Drs Arifudin mengatakan, pemerintah sangat mendukung adanya kampung organik di kelurahannya. Keberhasilan kampung organik sejalan program pokok Pemkot Magelang terkait pemberdayaan lingkungan.

Program ini untuk berkembangnya lingkungan yang hijau. “Pemerintah senang sekali dan sangat mendukung,” kata Arifudin, Jumat (27/1).

Menurutnya, Pemkot Magelang setiap tahun menjalankan program ruang terbuka hijau (RTH) dan kampung organik. Namun khusus di RT 07 Kelurahan Wates ini muncul karena inisiatif masyarakat sendiri. Setelah itu, pemerintah membantu dari sisi pendanaan dan lainnya.

“Ini menjadi ikon tersendiri sebagai kampung organik. Di Kota Magelang sebenarnya juga ada kampung dengan program lain yang positif. Seperti kampung bebas miras, kampung pendidikan dan kampung budaya,” ungkapnya.

Setelah masyarakat Wates cukup aktif di kampung organik, pihaknya akan lebih gencar mempromosikan program itu ke daerah lain. Poinnya bahwa di sini sudah ada kampung organik yang mengolah tanaman buah, tanaman obat, tanaman herbal dan lainnya.

“Ke depan sosialisasi untuk pemasaran bisa secara manual seperti gethok tular dan lainnya. Kami akan lebih memperhatikan dan syukur-syukur nanti pemkot bisa membantu kembali terkait segala kebutuhan kampung organik,” katanya. (ady/laz/dem)