RADARJOGJA.CO.ID – JOGJA – Sebanyak 16 orang narapidana (napi) Lapas Wirogunan kemarin (27/1) digelandang ke Polresta Jogjakarta setelah diduga melakukan pesta narkoba. Dari pemeriksaan, ke-16 napi itu positif narkoba.

Kapolresta Jogjakarta Kombes Pol Tommy Wibisono yang memimpin sidak ini mengungkapkan, para napi diduga kuat telah melakukan pesta narkoba di dalam sel. Setelah diperiksa, polisi menemukan barang bukti berupa bong.

“Dugaan mereka pesta narkoba jenis sabu,” kata Tommy di Mapolresta Jogjakarta usai melakukan sidak. Para napi yang diamankan berasal dari satu blok. Diduga salah seorang dari napi mendapatkan barang haram dari pemasok di luar.

“Kami akan dalami siapa pemasok ini dan bagaimana bisa masuk ke lapas. Semoga tidak ada oknum lapas yang terlibat,” jelasnya.

Tommy mengatakan, Polresta Jogjakarta terus berupaya untuk memberantas peredaran narkoba, dengan manyasar penggunaan di lingkungan lapas. Sidak kali ini dilakukan atas kerja sama antara kepolisian dengan lapas.

Menurutnya, Kalapas menghendaki lapas bersih dari narkoba, sehingga memberikan keleluasaan aparat untuk melakukan penggeledahan di setiap kamar sel.

Kasat Reserse Narkoba AKP Sugeng Riyadi menyebut, berdasarkan hasil tes urine, 15 orang positif narkoba jenis sabu dan seorang pengguna psikotropika. Mereka yang menggunakan narkoba merupakan tahan di Blok D.

“Dari penyidikan sementara mereka merupakan para napi pidana umum. Tidak ada yang terlibat kasus narkoba sebelumnya,” katanya.

Dilihat napi yang terbukti menggunakan narkoba, ada dugaan mereka menggunakan alat hisap secara bergantian. Diduga sabu berasal dari luar lapas yang dimasukkan dengan memanfaatkan jam besuk tahanan. “Kami sudah simpan nama pemasok. Ini segera kami kejar,” tandasnya. (bhn/laz/ong)