RADARJOGJA.CO.ID – BANTUL – Persiba Bantul memulai langkah progresif untuk menatap kompetisi Liga 2 (Divisi Utama) 2017 mendatang. Setelah manajemen bertemu empat mata dengan Ketua Umum Persiba Idham Samawi, manajemen akhirnya sepakat menunjuk Siswanto sebagai pelatih sementara Laskar Sultan Agung. Pria asal Magelang Jawa Tengah itu akan memimpin seleksi pemain akhir pekan ini.

Manajer Persiba Endro Sulastomo mengatakan, timnya akanmulai seleksi pada Minggu (29/1). Siswanto sementara dipasrahi membentuk tim dengan opsi menjadi pelatih kepala jika memang kemampuanya meracik tim dinilai bagus oleh manajemen. Sebab manajemen mengaku masih meraba-raba kemampuan pelatih berlisensi A Nasional tersebut. “Dia intinya ingin membantu, tapi nanti bisa dilihat kemampuannya,” ujarnya kemarin (26/1).

Pria yang juga anggota DPRD Bantul itu menyebut, setelah bertemu dengan Ketua Umum Persiba Bantul Idham Samawi pihaknya langsung mengadakan pertemuan dengan suporter dan stakeholder di Bantul. Dalam pertemuan tersebut pihaknya juga menyampaikan kepastian mundurnya Idham Samawi dari kursi ketua umum Persiba.

Endro berharap, meskipun paling telat membentuk tim dibandingkan dua klub lain di DIJ, Persiba bisa mendapatkan materi pemain yang bisa bersaing di Liga 2. Terlebih dengan aturan batasan usia, dia optimistis pemain muda yang ada di skuad Persiba bisa menjadi kerangka tim. “Informasinya kompetisi dimulai akhir Maret, tapi masih mungkin mundur. Jadi semoga masih ada waktu,” imbuhnya.

Sementara itu Siswanto mengaku tidak mempermasalahkan dengan statusnya sebagai karteker pelatih di Persiba. Ia sudah tak sabar segera memulai langkahnya membesut Persiba. “Yang terdekat ingin melihat para pemain lama yang dipertahankan dahulu. Kalau kondisinya masih bagus ya kami pertahankan,” ujarnya.

Jika memang pemain yang ada di skuad masih bisa menjadi kerangka tim, maka ia tinggal mencari pemain untuk melengkapi kuota jumlah pemain. “Paling tidak tambah satu atau dua pemain saja cukup. Saya lihat sekali saja,” imbuhnya. (riz/din/ong)