RADARJOGJA.CO.ID – Sisa jelang kick off Piala Presiden, finalis Indonesian Soccer Championship (ISC) B, PSS Sleman terus mengasah skuadnya. Kamis (25/1), tim asuhan Freddy Muli tersebut menjajal Mlati Selection di Stadion Tridadi Sleman.

Pemain muda Toni Yuliandri yang didapuk menjadi juru gedor sukses menyarangkan dua gol. Pemain muda tersebut menunjukkan fighting spirit jempolan. Ini bakal menjadi modal penting saat menjalani laga pembuka Piala Presiden menghadapi Persipura Jayapura, 4 Februari nanti.

Don Freddy menegaskan, timnya masih mencari komposisi tim yang pas. “Kami berusaha bermain solid dan kompak dulu. Saling mengenal karakter satu pemain dengan yang lain. Termasuk membiasakan memahami posisi dan permainan rekan satu tim,” ujarnya.

Soliditas pemain ini, kata tactician yang selalu membangun timnya berkarakter keras ini, merupakan langkah awal sebelummasuk ke sistem permainan. Termasuk karakter bermain PSS yang pas dengan komposisi pemain yang ada di skuad.

“Tidak bisa sehari dua hari untuk menerapkan skema dan sistem bermain. Harus terus menerus. Pressing ketat, koordinasi, baru mulai strategi bermain seperti apa dengan lawan yang akan dihadapi,” paparnya.

Menurut pelatih yang berjaya bersama Persebaya Surabaya itu, setidaknya program ideal mempersiapkan tim adalah sekitar 100 hari. Di antara itu diselingi setidaknya 10 -15 ujicoba. Barulah nanti terlihat karakter tim, termasuk kelebihan dan kekurangannya.

“Kalau ini kami belum bisa. Apalagi pemain seleksi juga datang terus. Nanti dua sampai empat pemain akan kami coret, kami bahas dengan manajemen,” bebernya.

Freddy menyebut masih membutuhkan gelandang bertahan atau bertipe breaker yang bisa meredam dan memutus serangan lawan. Namun ia mengakui pemain tipe tersebut sulit didapatkan. Karena hampir jarang ada di tim Liga Indonesia.

Di sisi lain, PSS dikabarkan telah bersepakat dengan bek kanan PSCS Cilacap Bagus Nurwanto sejak lusa lalu. Pemain berusia 24 tahun itu sempat memperkuat Pusamania Borneo FC pada 2015. Di pekan kedua pembentukkan pemain ini, Bagus jadi satu-satunya pemain yang mengikat kontrak dengan manajemen. (riz/eri)