RADARJOGJA.CO.ID – Komitmen Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengabdikan diri untuk bangsa, negara dam masyarakat Indonesia nampaknya tak perlu diragukan lagi. Hal ini terlihat dari sejumlah program yang dijalankan ke tengah masyarakat. Salah satunya adalah program kuliah kerja nyata (KKN) bagi para mahasisawa kampus setempat.

Untuk kesekian kalinya, UAD menerjunkan mahasiswanya ke daerah perbatasan dan tertinggal, yang ada di Kalimantan Barat. Tepatnya di Dusun Sempuran Desa Subah, Sambas Kalimantan Barat.

“Peserta KKN yang kami kirimkan ke Kalimantan Barat ada sebanyak 22 mahasiswa,” kata Kepala Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) UAD, Jabrohim disela-sela melepas peserta KKN di Kampus 4 Ringroad Selatan beberapa waktu lalu.

Menurut Jabrohim, peserta KKN yang diterjunkan ke masyarakat pada awal tahun ada sebanyak 1.606 mahasiswa. Mereka tersebar diberbagai dusun/desa di Provinsi DIJ dan Jawa Tengah.

“Peserta KKN akan membantu masyarakat dalam penguatan ekonomi di desa setempat. Mulai dari menggali potensi ekonomi, membantu membuat konsep, pengelolaan manajemen hingga memasarkan,” jelas Jabrohim.

Bahkan, lanjut Jabrohim, ada kelompok KKN yang bertugas memerangi rentenir. Program itu dijalan oleh peserta KKN yang bertugas di Patuk Gunungkidul.

“Setiap lokasi KKN programnya berbeda, kami sesuaikan dengan potensi masalah yang ada di desa setempat,” paparnya. (mar/dem)