RADARJOGJA.CO.ID – SLEMAN – Undian Piala Presiden 2017 telah dilakukan di Gedung SCTV Tower lantai 8, Jakarta, kemarin (24/1). Sebagai salah satu tuan rumah, PSS Sleman dipertemukan dengan Persipura Jayapura, Mitra Kukar Kutai Kertanegara, dan Persegres Gresik United. Bahkan, selain sebagai tuan rumah, rencananya Maguwoharjo International Stadium (MIS) Sleman juga akan menjadi arena pembukaan pada 4 Februari mendatang. Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan hadir.

Lawan-lawan yang dihadapi Laskar Sembada- julukan PSS Sleman di ajang bergengsi ini memang cukup berat. Terlebih satu grup dengan Juara TSC 2016, Persipura Jayapura. Klub dari ujung timur Indonesia itu masih akan diperkuatnama-nama besar seperti Boaz Solousa, Pahabol, dan bek senior Bio Paulin yang kembali usai diisukan gabung ke PSM. Persipura juga kedatangan kiper asal Korea Selatan, Yoo Jae Hon. Sisi positifnya, Persipura dikabarkan belum lama menggelar latihan setelah jeda kompetisi lalu.

Sementara bentrok PSS Sleman dengan Persegres bakal jadi reuni penggawa Super Elja macam Busari, Dirga Lasut, Riski Novriansyah dengan Dave Mustaine. Ya, gelandang lincah itu memang pindah dari PSS seusai ISC-B ke Laskar Joko Samudro-julukan Persegres pada musim ini. Selain Dave yang tentu mengenal karakter pemain PSS, Kebo Giras-julukan Persegres juga diperkuatSatria Tama, Achmad Faris (Alex), Agus Indra Kurniawan, Obet Rivaldo, Kushedya Hari Yudo, Arsyad Yusgiantoro, David Faristian, dan Yusuf Efendi.

Lawan terkahir adalah Mitra Kukar Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur. Skuad Naga Mekes-julukan Mitra Kukar masih solid dan tidak banyak membuat perubahan musim ini.Bayu Pradana, Bachtiar, Abdul Gamal, Zikri Akbar, dan Gerry Mandagi ini tambah komplet usai bergabungnya dua pemain asing, yaitu Jorge Gotor Blas eks stopper Real Zaragoza Spanyol dan Oh In Kyun asal Persela Lamongan.

Pelatih PSS Sleman Freddy Muli belum bisa mengomentari banyak terkait undian tersebut. Terlebih fokusnya adalah membawa Busari dkk di kompetisi resmi Liga 2 (Divisi Utama). Namun bukan berarti ia tidak memancangkan target pada turnamen pra-musim tersebut. “Itu kan undian di atas kertas, biar nantidi lapangan saja yang bicara,” ujar Don Freddy singkat kepada wartawan.

Sebagai salah satu tes skuadnya sebelum turun di Piala Presiden, rencananya hari ini tim akan berujicoba dengan tim lokal asal Kecamatan Mlati, Sleman. Laga yang rencananya digelar di Stadion Tridadi, Sleman menjadi ajang 18 pemain sementara PSS Sleman mengeluarkan kemampuan setelah dua pekan ini menjalani seleksi dan latihan.

Dari 18 pemain yang saat ini ada di skuad, adalah C.Nasirin, Try Hamdani, Gratheo Hadi (kiper), Waluyo, Jodi Kurniawan, Hamdan Zamzani, Rama Yoga, Revi Agung (belakang), Busari, Dirga Lasut, Ilham Irhas, Wahyu Sukarta, Chandra Lukmana, Angga (tengah), Riski Novriansyah, Kito Chandra, Rudiana, dan Toni Yuliandri (depan).

Freddy Muli menegaskan akan mencoba seluruh pemain dengan formasi anyar. Sekilas, Don Freddy akan mencoba formasi 4-3-3 seperti yang diungkapkan kemarin. Jika benar demikian memang ia harus memiliki dua sayap yang sangat mobile. Sebab kunci skema tersebut adalah proses transisi antara bertahan ke menyerang dan sebaliknya. “Pemain sayap dan bek sayap yang harus siap naik turun dan membantu pertahanan ke dalam. Tapi enggak tahu bagaimana fisik mereka nantinya. Kami coba kan namanya juga uji coba,” bebernya.

Manajer PSS Sleman Arif Juli Wibowo mengaku belum bisa menargetkan apa-apa di Piala Presiden 2017 ini. Terlebih melihat lawan-lawannya yang memang beda kasta dengan PSS Sleman. Piala Presiden diikuti 18 tim Liga 1 dan dua finalis ISC-B atau Liga 2. “Nikmati saja setiap pertandingan yang ada. Kami optimistis tim kami bisa menunjukkan permainan yang positif,” bebernya.

Panpel PSS Sleman Ediyanto sampai kemarin belum mendapat surat resmi penunjukan venue Piala Presiden dari PSSI sebagai operator turnamen. Namun dari media ia telah mendengar penunjukan itu, termasuk sebagai tempat pembukaan. “Sampai saat ini belum. Mungkin besok siang (hari ini,red),” ungkapnya.(riz/din/ong)