RADARJOGJA.CO.ID – Sedikitnya 480 kantong pengganti tas plastik atau kresek ludes dalam ludes di ajang Car Free Day di Alun-alun Purworejo. Adanya aksi itu diharapkan akan mendorong masyarakat beralih dari tas kresek ke tas pengganti non plastik. Kegiatan yang dilaksanakan SB3 Club Chapter Purworejo (SCCP) tersebut mendapat dukungan dari Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik dan Badan Penanggulangan Bencana Purworejo serta beberapa unsur yang lain.

“Plastik adalah salah satu jenis sampah yang tidak dapat diurai. Kondisi ini menjadikan kami prihatin,” kata Koordinator SCCP Hendro Murti.

Menurutnya, masyarakat nyaris tidak pernah mempedulikan hal itu. Kresek sebagai tas utama tidak sedikit yang hanya sekali pakai. Tidak jarang keberadaannya akan langsung dilempar ke tempat sampai usai digunakan.

“Perilaku seperti itu, sama saja kita tidak sayang dengan kresek. Karena akan segera berganti kresek jika ada keperluan lain. Andaikan kita sayang, kita akan berpikir panjang untuk menggunakannya,” tambah Hendro.

Melalui kampanye penggunaan tas non kresek diharapkan akan menggugah kesadaran masyarakat dan bisa meminimalkan penggunaannya. Atau memanfaatkannya namun dalam jangka yang panjang sehingga tidak membebani lingkungan.

“Selain menggelar aksi seperti ini, kita juga melakukan kampanye ke berbagai pihak baik instansi pemerintah, swasta atau lembaga pendidikan. Kedepan kita harapkan makin banyak lembaga yang mendukung kegiatan ini,” tambahnya.

Kepala Kesbangpol Purworejo Bambang Gatot Seno Aji mengungkapkan pihaknya amat mendukung gerakan penggunaan tas non plastik ini. Kegiatan tersebut positif apalagi dilakukan oleh kalangan muda.

“Ini menunjukkan generasi muda peduli dan berpikir jauh kedepan,” kata Gatot.

Gatot berharap gerakan akan dapat menjadi pemicu perubahan pola pikir di masyarakat. Dirinya melihat bukan dari jumlah tas yang dibagikan namun menilik dari motivasinya. “Harusnya kita malu melihat semangat anak-anak muda ini. Terkadang kita melihatnya remeh tapi mereka sudah menunjukkan kepeduliannya,” tandas Gatot. (udi/dem)