RADARJOGJA.CO.ID – Mengantisipasi longsor susulan, Warga Dusun Soropati, Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap memilih bertahan di pengungsian. Mereka menunggu kondisi aman sebelum memutuskan langkah selanjutnya.

Pj Bupati Kulonprogo Budi Antono didampingi Sekda Astungkoro sudah meninjau lokasi longsor. Sedikitnya 145 warga RT 04 dan RT 05, RW 02 Dusun Soropati tidak nyaman tinggal di rumahnya.

Budi mengatakan penanganan korban bencana longsor harus segera dilakukan. Salah satunya berkoordinasi dengan Departemen Teknik Geologi, Fakultas Teknik UGM yang datang meneliti lokasi longsor (19/1).

Rekomendasinya, kondisi tanah masih labil. Curah hujan tinggi bisa memicu longsor susulan. Sedangkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan curah hujan masih tinggi hingga Februari.

“Warga sebaiknya tidak mengambil risiko kembali ke rumah yang rawan longsor. Lebih baik menunggu hasil survei dan penelitian UGM,” kata Budi.

Dinas Sosial dan BPBD DIJ membantu warga korban tanah longsor di lokasi pengungsian. “Terkait kesehatan, Puskesmas I dan II Kokap didatangkan untuk mengecek kondisi kesehatan warga,” kata Budi. (tom/iwa/mar)