RADARJOGJA.CO.ID – SLEMAN – Polsek Depok Timur mengamankan tiga sepeda motor tak bertuan yang dibiarkan terparkir di pinggir jalan di Maguwoharjo, Depok. Kuat dugaan kendaraan tersebut merupakan barang curian yang belum diangkut oleh pelaku.

Informasi yang dihimpun, keberadaan motor itu pertama kali ditemukan oleh jajaran Babinkamtibmas Polsek Depok Timur dan anggota perlindungan masyrakat (Linmas) awal pekan ini. Motor-motor ini ditemukan di dua tempat terpisah.

Penemuan pertama di Jalan Beringin Raya Denokan, Maguwoharjo. Di lokasi itu ditemukan dua kendaraan Honda Scoppy hitam dengan plat nomor AB 6532 HN dan Honda Scopy berwarna biru dengan plat nomor DK 6413 OH. Temuan ketiga berjenis Honda Vario, dengan plat nomor AB 4264 OZ yang ditemukan di kompleks Perum Soka Asri Permai, Kadisoka, Maguwoharjo. “Saat ditemukan kunci kendaraan tersebut sudah dalam keadaan rusak seperti bekas pemaksaan pada kendaraan curian,” jelas Kapolsek Depok Timur Kompol Andrey Valentino kemarin (20/1).

Setelah dilakukan pengecekan identitas kendaraan, pihak polsek telah menghubungi para pemilik. Dari upaya menemukan para pemiliknya, baru seorang yang telah mengambil motor tersebut.”Untuk pengambilan bisa dilakukan dengan bukti kepemilikan seperti STNK dan BPKB kendaraan di Polsek Ngaglik,” tambah Andrey.

Dari peristiwa itu, Andrey mengimbau kepada masyarakat untuk tidak lengah dengan kendaraan miliknya. Pemilik kendaraan untuk senantiasa mengunci kendaraan bila diparkir di tempat yang tidak berpenjaga. Sementara untuk di lingkungan tempat tinggal, ada baiknya dipasang CCTV sebagai pengaman.

Selain itu, masyarakat juga perlu melakukan pemetaan daerah rawan yang ada di sekitarnya sehingga bisa melakukan patroli pengamanan sipil untuk mencegah terjadinya tindak pidana. “Aksi pencurian sepeda motor ini waktunya sangat cepat hanya hitungan menit,” jelasnya. (bhn/din/ong)