RADARJOGJA.CO.ID – Sebanyak 48 orang menempati jabatan struktural di lingkungan Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang. Mereka menerima Surat Keputusan (SK) Rektor tentang Pengangkatan Pejabat Struktural UM Magelang Masa Jabatan 2017 – 2021. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Gedung Rektorat tersebut dihadiri oleh jajaran pimpinan universitas, dekan, dan pengurus Badan Pembina Harian (BPH) UM Magelang.

Rektor UM Magelang Eko Muh Widodo menyampaikan, jabatan struktural yang ditetapkan mengacu pada organisasi dan tata kelola tahun 2016 yang berlaku di UM Magelang. Adapun mekanisme pemilihan pejabat struktural dilakukan dengan pertimbangan dari Badan Pertimbangan Jabatan dan Pangkat Pegawai (Baperjakat) yang terdiri dari tujuh pejabat berasal dari tiga unsur dari BPH, tiga pimpinan universitas dan seorang dari Biro Umum.

Eko menambahkan, pejabat yang menerima SK tersebut terdiri dari dosen dan tenaga kependidikan yang membantu Rektor dalam mengembangkan dan memajukan UM Magelang. Dalam kesempatan itu, Rektor antara lain menyerahkan SK kepada lima Kepala Biro, empat Ketua Lembaga, satu Kepala Badan Penjaminan Mutu, satu Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi, satu Kepala Satuan Pengawas Internal, serta enam Kepala Tata Usaha di 6 fakultas.

“Dari lima biro tersebut, ada dua biro yang baru yakni Biro SDM yang membawahi bagian adminsitrasi dan kesejahteraan serta bagian pengembangan dan manajemen kinerja. Selain itu juga Biro Marketing dan Kerjasama,” jelas Eko.

Untuk mengembangkan pendanaan yang berasal dari luar SPP mahasiswa, UM Magelang juga menetapkan adanya Kepala Perencana dan Pengembangan Unit Bisnis (PPUB).

“Dengan adanya perombakan yang sesuai dengan organisasi tata kelola (ortala) tersebut diharapkan UM Magelang dapat lebih kuat dan kokoh baik dari sisi akademik maupun administrasi,” harap Rektor.

Muljono, wakil Ketua Badan Pembina Harian menegaskan, rotasi jabatan struktural memang harus terjadi secara periodik. Muljono juga mengucapkan selamat bertugas kepada para pejabat struktural yang baru mendapatkan SK. “Mudah-mudahan UM Magelang semakin moncer dan dapat meningkatkan kualitas dan pelayanan kepada stakeholders,” tandas Muljono.(dem/eri)