RADARJOGJA.CO.ID – SLEMAN – Penyidikan kasus dugaan pencabulan di SD Model Sleman memasuki dua bulan.

Dari kurun waktu itu, penyidik Kepolisian Daerah (Polda) DIJ belum menetapkan tersangka.

Kasubdit Remaja Anak dan Wanita (Renakta) Ditreskrimum Polda DIJ AKBP Beja mengatakan, penanganan kasus ini sebenarnya mendekati proses akhir. Namun, penyidik masih memerlukan keakuratan bukti-bukti dari sejumlah saksi agar statusnya bisa dinaikkan.

“Belum ada penetapan tersangka. Kami masih melengkapi bukti-bukti,” jelas Beja kepada Radar Jogja, kemarin (18/1).

Beja mengatakan, gelar perkara yang sudah dilakukan belum cukup menaikkan status dari pelaku. Namun dari gelar perkara itu, polisi mendalami lagi keterangan saksi-saksi yang menjadi kunci. Langkah itu dilakuakn sebagai keakuratan bukti. Mengingat dalam kasus ini, tidak ada saksi pendukung yang menyaksikan peristiwa itu.

“Sebab dari terlapor selalu menyangkal perbuatannya. Makanya kami kejar dan dalami terus dari saksi-saksi yang ada,” jelasnya.

Dia mencontohkan, salah satu pendalaman yang dilakukan dengan mencocokkan apa yang diucapkan terlapor saat kejadian dengan kondisi korban. Misal, saat kejadian terlapor mengatakan rambut korban panjang, maka akan dicek apakah rambut korban panjang. “Bila memang sesuai berarti bisa dikatakan akurat benar ada pencabulan,” jelasnya.

Kanit Perlindungan Perempuan Anak Polda DIJ Kompol Retnowati mengatakan, dari hasil penyelidikan didapati empat korban tindak asusila di SD Model Sleman. Pihak sekolah juga sudah dimintai kesaksian perihal peristiwa itu.

“Saksi dari sekolah juga mendukung. Apalagi setelah kasus itu mencuat, terlapor dipindah tugaskan,” jelasnya.

Seperti diketahui sebelumnya, kasus pencabulan di SD Model Sleman sempat mencuat pada November 2016. Salah satu guru kelas 5 Agung Dharmawan (AD), diduga melakukan perbuatan asusila di ruang UKS yang ada di sekolah tersebut.

Karena terlapor berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS), pihak dinas hanya melakukan pemindahan tugas. Saat ini Agung Dharmawan ditempatkan di UPT di Kecamatan Berbah. (bhn/ila/ong)