RADARJOGJA.CO.ID – Keseriusan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berbakti kepada masyarakat tidak diragukan lagi. Hal ini dibuktikan UMY dengan menerjunkan sebanyak 1.169 mahasiswanya ke sejumlah daerah dalam rangka Kuliah Kerja Nyata (KKN). Tak tanggung-tanggung, lokasi yang dibidik sebagai lokasi KKN ada sebanyak 116 Dusun dari total 14 Kecamatan se-Kabupaten Bantul dan Sleman.

“Setiap peserta diminta membawa bibit pohon untuk ditanam dilokasi KKN,” kata Kepala Divisi Pengembangan Masyarakat, Lembaga Penelitian, Publikasi, dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) UMY, Sutrisno, Selasa (17/1).

Selain itu, masing-masing kelompok KKN sudah diberi tema yang sesuai dengan kondisi lingkungan masyarakat di masing-masing dusun. Apa saja tema yang akan digarap para peserta KKN? Temanya adalah pariwisata, kerajinan, industri rumah tangga, dan pengelolaan sampah mandiri. Ia berharap, para mahasisawa dapat menggali potensi dusun yang ditempati.

“Peserta KKN diminta membuat perencanaan program jangka panjang, mengidentifikasi potensi, dan membuat perencanaan program desa mitra terutama terkait wisata, dan industri,” jelas dosen Fakultas Pertanian UMY ini. (mar/dem)