RADARJOGJA.CO.ID – Nota kerjasama antara Taman Pintar dengan Macquarie University Australia menunjukan kemajuan yang baik. Sebagai tindak lanjut MoU selama 2 tahun, kedua lembaga ini akan menggelar even berskala besar yaitu workshop robotik. Rencananya, workshop robotik tingkat SD dan SMP digelar mulai 14 Januari hingga 11 Februari mendatang.

“Peserta workshop robotik pelajar SD keas 4 hingga 6 dan pelajar SMP kelas 1 dan 2,” kata Kepala Seksi Pelayanan dan Pengembangan Taman Pintar, Retno Yuliani kepada Radar Jogja Online, Selasa (17/1).

Dalam workshop tersebut para peserta akan diberikan pelatihan tentang pemrogaramn robot sederhana dengan menggunakan Edisondan Raspberry Pi. Setidaknya, ada empat materi pelatihan yang disiapkan Macquarie University seperti membuat robot yang dapat berjalan mengikuti garis lurus.

Untuk mengetes hasil pelatihan, pada 3 Februari mendatang panitia akan mengadakan Mini Robotic Contest yang akan diikuti para peserta workshop robotik wilayah Kota Jogja. “Para peserta juga akan ke sekolah-sekolah seperti SMP Negeri 1 Wonosari, SMP Negeri 1 Sleman, SMP Negeri 1 Bantul dan SMP Negeri 1 Wates,” jelas Retno.

Retno menambahkan, kerjasama workshop robotik bertujuan untuk menanamkan cinta dan memacu kreativitas generasi muda Indonesia terhadap pengetahuan. “Ini sejalan dengan keberadaan Taman Pintar sebagai wahana ekspresi, apresiasi dan kreasi sains terbaik se-Asia Tenggara,” papar Retno. (eri/mar)