RADARJOGJA.CO.ID–Keberadaan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulonprogo bakal menjadi pintu yang lebar untuk masuk ke Indonesia. Semua jenis pesawat terbang pun dipastikan bisa untuk landing di bandara tersebut.

Ini karena landasan pacu NYIA bakal menjadi rekor baru di Indonesia. Landasan pacu NYIA bakal menjadi yang terpanjang diantara seluruh bandara di Indonesia. Panjangnya bakal melebihi panjang dari Bandara Hang Nadim, Batam yang mencapai 4,025 meter.

Perwakilan PT Angkasa Pura (AP) I Agus Andrianto menjelaskan, total panjang area runway mencapai 5.000 meter. Mencakup area runway sepanjang 3.600 meter, ditambah area runway en safety area (SESA).

“Tempat ini (landasan pacu) yang akan dijadikan lokasi acara peletakan batu pertama,” jelas Agus.

Untuk pembangunan runway, lanjutnya, akan menjadi tahap pertama masa konstruksi bandara tersebut. Makanya lahan PAG terlebih dahulu yang akan dikosongkan.Setelah groundbreaking, melanjutkan proses pembangunan dengan penataan lahan dan pemagaran area proyek secara keseluruhan.

Penjabat Bupati Kulonprogo Budi Antono mengungkapkan, peletakan batu pertama pembangunan bandara sudah dipastikan di dekat Satradar Congot. “Semuanya masih dalam rangka persiapan. Groundbreaking 23 Januari oleh Presiden Joko Widodo,” kata Penjabat Bupati Kulonprogo Budi Antono.

Anton, sapaannya, mengatakan, terkait akses ke lokasi groundbreaking, ada beberapa yang perlu disesuaikan. “Delapan polisi tidur di depan Satradar akan disesuaikan karena jalan itu nantinya dilalui Presiden,” tandasnya.

Dengan panjang landasan pacu tersebut, pesawat besar seperti airbus industri A-380-800 bisa turun dengan aman di NYIA. Pesawat terbesar di dunia ini keluaran Perancis ini butuh 3.000 meter.

Begitu pun dengan pesawat jumbo jet milik boeing seri 747-200b. Pesawat yang memiliki daya tampung sampai 400 penumpang ini hanya membutuhkan 3,6 kilometer atau pas dengan ukuran panjang dari NYIA. (tom/eri)