RADARJOGJA.CO.ID – JOGJA– Pasangan Imam Priyono (IP) – Achmad Fadli terus menuai dukungan. Setelah paguyuban pedagang kaki lima Alun-Alun Utara, kini dukungan bagi peserta Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Jogja 2017 nomor urut 1 itu datang dari komunitas pesepeda yang menamakan diri Paguyuban Onthel Rabuk Yuswo (PORY).

Dukungan PORY disampaikan di Rumah Aspirasi, Baciro, Gondokusuman kemarin (15/1).

“Kami sepakat dan satu suara mendukung Imam-Fadli,”ujar Koordinator PORY Heru.

Jika IP-Fadli terpilih sebagai pemimpin baru Kota Jogja nantinya, mereka berharap keduanya benar-benar member perhatian lebih kepada komunitas pesepeda di Kota Jogja. Terutama mengembalikan program Sepeda Kanggo Sekolah lan Nyambut Gawe (Sego Segawe), yang dicanangkan oleh mantan Wali Kota Herry Zudianto. Menurut Heru, program Sego Segawe sempat vakum beberapa tahun terakhir.

Nah, perhatian terhadap Sego Segawe bisa diwujudkan dengan memperbanyak jalur sepeda. Lebih dari itu, pemkot lebih sering menggelar car free day . Itu mengingat bersepeda merupakan salah satu aktivitas yang cukup digandrungi masyarakat perkotaan. Namun, keberadaan mereka selama ini justru kian terpinggirkan oleh pengendara kendaraan bermotor. Bahkan, tak sedikit jalur hijau khusus sepeda berubah fungsi menjadi lahan parkir ilegal. “Perbanyak jalur sepeda di semua ruas jalan raya. Jangan sampai jalur itu dijadikan tempat parkir kendaraan bermotor,” pintanya.

Dalam kesempatan itu Achmad Fadli berjanji mengembalikan program Sego Segawe, dimulai dari kalangan pegawai di Pemkot Jogja. “Setelah seluruh pegawai kembali ke Sego Segawe, selanjutnya masyarakat,” katanya.

Saat ini mantan kepala Dinas Pasar itu juga sedang memikirkan jalur sepeda yang ideal. Demi meminimalisasi kasus kecelakaan yang menimpa pesepeda.(sky/yog/ong)