RADARJOGJA.CO.ID – Warga Pedukuhan Kleben, Desa Kaliagung, Sentolo saat melakukan kerja bakti bersih lingkungan (14/1). Acara itu menjadi istimewa, karena diikuti belasan mahasiswa Hanseo University, Korea Selatan (Korsel).

Mereka tengah mengikuti volunteer programs dari kampusnya. Mereka mengunjungi Kulonprogo untuk melihat kehidupan masyarakatnya. Hanseo University bekerjasama dengan UKDW Jogja sebagai pendamping kegiatan.

Mereka antusias menyiangi rumput liar di jalan desa. Termasuk membetulkan genteng, memberi pakan hewan ternak, ataupun mengupas kulit kelapa.

Yoon Hee Park terkesan dengan aktivitas warga Kleben. Menurut dia, kehidupan masyarakat desa di Indonesia sangat berbeda.

“Kebiasaan di sini berbeda dengan Korsel. Orang Indonesia merupakan pekerja keras,” kata Yoon.

Dekan Hanseon University Won Kweon Jang mengatakan program itu rutin dijalankan sejak 11 tahun lalu. Negara yang sudah dikunjungi, Indonesia, Afsel, dan India.

“Berkunjung ke Jogja adalah kali kedua. Kami pernah mengirim tim relawan kemanusiaan saat terjadi bencana gempa bumi 2006,” kata Won Kweon Jang.

Kegiatan tersebut efektif mengajarkan mahasiswa tentang kehidupan sosial di negara lain. Bisa mengembangkan sikap percaya diri dan melatih sikap peduli terhadap kehidupan di sekitarnya.

“Sesuai visi kampus, kami ingin mengajarkan mahasiswa berkontribusi terhadap tetangga. Karena kami semua harus hidup bersama,” ujar Won Kweon Jang.

Kades Kaliagung Suwito mengapresiasi kedatangan mahasiswa Korsel tersebut. Bisa menjadi pemantik wisata pedesaan di Kaliagung meskipun belum jadi desa wisata. “Saya berharap mahasiswa Korsel gethok tular (menyebarluaskan) tentang keuinkan kehidupan di Kaliagung,” kata Suwito. (tom/iwa/mar)