RADARJOGJA.CO.ID – JOGJA – Warga Kota Jogja mendadak dikejutkan dengan adanya benda mencurigakan yang teronggok di depan Apotek Harmoni, Jalan Ibu Ruswo, Yudonegaran, Minggu dini hari ke-marin (15/1). Mirip kasus di Tegalrejo, Magelang, Jawa Tengah, di tengah suasana gelap warga khawatir jika buntalan plastik seukuran galon air mineral itu berisi bom rakitan.

Mendapat laporan warga, tim Jihandak Brimob Polda DIJ segera meluncur ke lokasi ke-jadian. Belakangan, benda mencurigakan tersebut diketahui berisi magic com (alat menanak nasi elektrik). Itu terungkap setelah tim Jihandak melakukan disposal.

Kapolresta Jogja Kombes Pol Tommy Wibisono menegaskan, keberadaan benda tersebut bukan merupakan bentuk teror. Tommy menengarai, benda tersebut diletakkan oleh se-seorang, namun dia lupa mengambilnya kembali. “Su-dah kami lakukan upaya pen-ceraiberaian terhadap benda tersebut. Di dalamnya tidak ditemukan adanya unsur ba-han peledak,” jelasnya.

Selain magic com, lanjut Tom-my, di dalam buntalan plastik terdapat barang-barang keper-luan rumah tangga. Seperti, piring dan gelas yang terbuat dari bahan melamin.

“Ada unsur kesengajaan atau tidak memang penting ketahui. Makanya kami akan dalami kasus ini,” kata perwira men-engah Polri dengan tiga melati di pundak itu.

Sementara Suprapto, 35, ka-ryawan Apotek Harmoni, men-gungkapkan, dari hasil rekaman Closed Circuit Television Ca-mera (CCTV) terlihat benda tersebut diletakkan oleh seorang pria berkopiah. Ada dua buah paket yang ditaruh di depan apotek. “Rekaman CCTV sudah kami serahkan ke petugas seba-gai bahan pemeriksaan lebih lanjut,” katanya. (sky/yog/ong)