RADARJOGJA.CO.IDKeberadaan instalasi air siap minum di jalur semi pedestrian yang baru di Malioboro mulai familiar. Capai berjalan-jalan dan lupa membawa air minum, tidak lagi menjadi kekhawatiran. Karena bisa minum dari instalasi yang disiapkan PDAM Tirtamarta Jogja di di kawasan itu.

Di wilayah Kota Jogja, saat ini PDAM Tirtamarta sudah memasang instalasi air siap minum di empat titik, yaitu kawasan pedestarian Malioboro, Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (PASTHY), kantor Dinas Sosial Kota Jogja di Balai Kota Timoho serta kantor PDAM Tirtamarta sendiri

“Sebenarnya di Malioboro sudah kami pasang dua, tapi satu belum dioperasikan,” kata Direktur Direktur Teknik PDAM Tirtamarta Setiawan Budianto.

Khusus di Malioboro, meski baru satu yang terpasang, tepatnya di belakang halte Trans Jogja dekat Hotel Inna Garuda, sudah mendapat respons yang baik dari masyarakat. Setiawan mengaku sering mengecek dan melihat sendiri masyarakat yang mulai terbiasa memanfaatkan instalasi air siap minum. Diakuinya, pada awalnya ada keraguan, tapi setelah Gubernur DIJ Hamengku Buwono X mencoba sendiri, masyarakat mulai tertarik.

“Memang perlu pembiasaan, padahal jika di bandara alat seperti itu sudah biasa,” ungkapnya.

Untuk meyakinkan masyarakat, di instalasi juga dipasangi papan yang bertuliskan air siap minum tersebut sudah sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 492/2010 tentang Persyaratan Kualitas Air Minum. Sebelumnya juga sudah dilakukan tes laboratorium.

” Hasilnya memang sudah sesuai Permenkes, Dinas Kesehatan Kota Jogja juga kami minta mengetes,” ujarnya.

Untuk instalasi air siap minum di Malioboro, Setiawan mengatakan di dalamnya sudah ditanam tandon air dengan kapasitas 20 liter. Tandon akan mengisi air otomatis saat kapasitas berada di level tertentu. Tandon juga sudah dilengkapi ultraviolet sebagai pembunuh bakteri. Instalasi tersebut berfungsi 24 jam.

Pihaknya hanya menitipkan ke masyarakat supaya menjaga intalasi itu.

“Seperti kebersihan cawan, yang setelah minum airnya mbleber atau pegangannya, tapi secara rutin kami bersihkan,” pintanya.(pra/dem)