RADARJOGJA.CO.ID – Pemerintah Kota Jogja bersama instansi pemerintah lainya terus berupaya melakukan penataan kawasan Jalan Maliboro Kota Jogja. Setelah merenovasi seluruh trotoar bagi pejalan kaki, kini Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda DIJ menyusul dengan mengeluarkan kebijakan Car Free Night. Namun, ini baru tahap uji coba lho ya.

Tentu, kebijakan tersebut akan menuai pro kontra di tengah masyarakat. Namun, kebijakan bebas kendaraan bermotor ini merupakan bagian dari upaya kepolisian untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke Kota Jogja.

“Car Free Night ini akan dimulai Sabtu malam (14/1). Mulai pukul 18.00 hingga 23.00,” kata Direktur Lantas Polda DIJ Kombes Latif Usman.

Keputusan Car Free Night kawasan Jalan Maliboro melalui proses pajang. Sebelum diputuskan, tim Forum Lalu Lintas bersama instansi terkait berulang kali menggelar rapat. Baru pada Kamis (12/1) diputuskan pemberlakukan Car Free Night. Hadir dalam rapat Forum Lalu Lintas antara lain jajaran Ditlantas Polda DIJ, Dinas Perhubunyggan DIJ, PT Jasa Raharja, Dinas Perhubungan Kota Jogja, Dinas Pariwisata, Trans Jogja, Pustral UGM, Satpol PP DIJ, dan lain sebagainya.

“Jadi, keputusan Car Free Night bukan hanya dari Ditlantas tetapi ada usulan dan pertimbangan dari instansi lain,” papar Latif.

Atas keputusan Car Free Night tersebut Ditlantas meminta kepada masyarakat ikut mendukungnya. Bagi masyarakat yang ingin berwisata di Jalan Maliboro dapat memarkir kendaraan di tempat yang telah disediakan oleh pemerintah.

“Semua jenis kendaraan bermotor dilarang masuk ke Jalan Maliboro kecuali angkutan umum Trans Jogja dan kendaraan tradisional seperti becak dan andong,” jelas Latif. (mar/dem)