RADARJOGJA.CO.ID – Lagi, mahasiswa UAD menorehkan prestasi pada even berkelas internasional. Keberhasilan itu didapatkan oleh tim robot dari Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri UAD bernama Lanange Jagad.

Tim yang diketuai Alfath Jumarianto ini mendapatkan juara 3 pada ajang kompetisi robot FIRA Robo World Cup 2016 di Beijing pada tanggal 14 hingga 18 Desember 2016. Hebat ya, mahasiswa UAD gitu lho.

“Kami mendapatkan juara 3 dari kategori Wall Climbing,” kata Alfath Jumarianto kepada Radar Jogja Online di kampus UAD.

Sebuah kompetisi robot secara mandiri berjalan menuju tangga dan kemudia menaiki tanpa bantuan atau kendali manusia. Panjang tangga yang harus dilalui sang robot adalah 1,8 meter. “Tim kami menang karena robot kami berhasil melalui anak tangga dengan durasi selama 3 menit,” jelas Alfath Jumarianto.

Selain Alfath, empat mahasiswa lain sangat berperan penting dalam prestasi tersebut. Mereka adalah Nanda Cahya Pangersa, Anggit Pamungkas, Ahmad Sopi Samosir, dan Umar Abdul Majid. Termasuk dua dosen pembimbingnya yaitu Abdul Fadlil dan Nuryono Satya Widodo

Ajang kompetisi bergengsi tersebut diikuti 20 tim dari sembilan negara yaitu China, Singapura, Malaysia, India, Indonesia, Kanada, dan Meksiko. “Selain tim UAD, tim robot asal Indonesia yaitu ITS Surabaya dan ITB Bandung,” terang Alfath Jumarianto.

Selain kategori Wall Climbing, tim robot UAD juga mengikut lomba kategori United Soccer, Weight Lifting, Sprint, Marathon, Lift and Carry, dan Long Jump.

FIRA adalah Feredasi Asosiasi Robot Sepakbola Internasional (FIRA) Organisasi ini digagas oleh Prof Jong-Hwan Kim pada 1995 dan resmi didirikan pada Juni 1997 di Korea. Pada 2015 lalu, tim robot UAD juga pernah mengikuti perlombaan di Korea Selatan. (mar/dem)