RADARJOGJA.CO.ID – SLEMAN – Kenekatan membuka usaha tanpa izin tak hanya terjadi di wilayah perkotaan. Di Dusun Petung, Kepuharjo, Cangkringan juga ada bangunan megah yang didirikan tanpa disertai izin. Parahnya, lokasi bangunan berbentuk kastil ala Eropa yang dinamai “The Lost Word Castle” tersebut masuk kawasan rawan bencana (KRB) 3 area terdampak erupsi Gunung Merapi. Tanpa pengawasan pemerintah, proses pembangunan di kompleks lava tour itu kini sudah hampir sempurna.

Kendati demikian, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (PUPKP) Sleman Sapto WInarno mengaku telah mengirim tim untuk melakukan kajian kemarin (12/1) pagi. Terkait struktur bangunan kastil mini itu.

“Memang belum berizin. Kawasan itu layaknya hanya sebagai area konservasi. Seharusnya tidak ada bangunan permanen. Apalagi bangunannya luas,” tegasnya kemarin.

Sapto juga belum pernah berkomunikasi dengan pihak pengelola. Inilah yang membuatnya merasa seakan kecolongan. Karena proses pembangunan miniatur kastil itu berlangsung sejak satu tahun lalu.