RADARJOGJA.CO.ID – SLEMAN – Sungguh nekat yang dilakukan Sri Utami Ningsih. Bermodal mulut manis, nenek berusia 57 tahun itu telah menipu banyak orang hingga meraup keuntungan Rp 119 juta. Kini, perempuan kurus itu tak lagi bisa melancarkan aksinya setelah dibekuk dan harus menghuni sel Mapolres Sleman.

Kapolres AKBP Burkan Rudi Satria menuturkan, tersangka yang biasa dipanggil Ning itu menipu para korbannya dengan modus sebagai ahli rawat katana jenis king roll. Warga Karangasem, Pandowoharjo, Sleman itu juga mengaku memiliki pedang antic khas Jepang itu.

Belakangan, kabar Ning memiliki katana sampai ke telinga Karjono.

Melalui perantaran orang lain, Karjono yang berniat mendapatkan pedang tersebut diarahkan agar mendatangi rumah Ning. Sesampai di kediaman Ning, lelaki paro baya itu diajak masuk ke sebuah kamar dan ditunjukan sebuah kotak kayu sepanjang 40 cm.

Ngakunya kepada korban di dalam kotak itu ada king roll 3 dan king roll 5,” jelas Burkan kemarin (12/1).

Hanya dengan melihat kotak, Karjono merasa yakin pelaku memiliki samurai langka. Dia lantas meminta Ningmengetes kedua pedang tersebut.

Namun,Ning tidak begitu saja menuruti permintaan karjono. Dengan lihai Ning mengelabui Karjono dengan meminta sejumlah uang. Uang tersebut dijadikan alasan untuk keperluan ritual membuka kotak. Saking berambisinya memiliki pedang antik tersebut, Karjono pun menuruti permintaan Ning.