RADARJOGJA.CO.ID – Kabupaten Bantul menjadi salah satu dari sedikit yang memiliki bengkel usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Menyusul diresmikannya Rumah Kreatif oleh Menteri BUMN Rini Soemarno, Kamis (12/1).

Bengkel yang menempati gedung bekas kantor Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) ini berfungsi memberikan sejumlah pelayanan kepada para pelaku UMKM. Mulai pendampingan peningkatan kualitas hingga pemasaran produk melalui e-commerce.

Rini mengungkapkan, pendirian Rumah Kreatif di Bantul sebagai bentuk apresiasi dari pemerintah pusat. Sebab, Bumi Projotamansari dinilai sukses mengembangkan UMKM. Itu terbukti dengan banyaknya usaha kecil baru yang terus bermunculan.

“Ini termasuk seratus Rumah Kreatif pertama (yang didirikan) di Indonesia dalam rentang dua setengah bulan terakhir,” jelas Rini.

Menurutnya, hingga akhir 2017 ditargetkan berdiri 514 Rumah Kreatif di kabupaten/kota se- Indonesia.

Selain Rumah Kreatif, Kementerian BUMN bakal menginisiasi gagasan lain untuk mendorong perkembangan UMKM. Salah satunya melalui pinjaman modal dari bank-bank milik pemerintah. Seperti BRI, BNI, Bank Mandiri, dan BTN.

Kepala Dinas Perindustrian UMKM dan Koperasi (Disperumkop) Sulistyanta menyatakan, keberadaan Rumah Kreatif menjadi angin segar bagi para pelaku usaha bermodal terbatas. Sebab, mereka bebas berkonsultasi mengenai berbagai kendala dalam pengembangan usaha secara gratis.

“Nanti akan dibantu membuat desain dan kemasan produk yang lebih menarik,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Bantul Erna Suharsono menambahkan, Rumah Kreatif juga menjadi ruang display berbagai produk UMKM. Mulai kerajinan hingga olahan pangan.

“Tamu-tamu pemkab akan kami arahkan ke sini,” katanya. (zam/yog/mar)