RADARJOGJA.CO.ID – Hujan deras yang mengguyur Purworejo bagian utara, tepatnya di wilayah Kecamatan Bruno mengakibatkan tanah longsor, Rabu (11/1) sekitar pukul 15.00. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun dua rumah terancam jika terjadi longsor susulan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purworejo Boedi Hardjono melalui Plt Kepala Bidang Kegawatdaruratan dan Logistik Sigit Ahmad Basuki menyatakan jika lokasi longsor berada di Dusun Sabrangwetan, Desa Brunosari, Kecamatan Bruno. Dua rumah yang terancam masing-masing didiami Sultoni, 40, dan Mubarok, 33.

“Rumah Sultoni dan Mubarok berada di dekat tebing dimana rumah Sultoni diatas sementara Mubarok ada di bawahnya,” kata Sigit

Longsor yang terjadi berada tepat di belakang rumah Sultoni, sementara material longsor meluncur ke bawah mengenai kediaman Mubarok.

“Masih mungkin terjadi longsor susulan karena ada rekahan di balakang rumah Sultoni,” tuturnya.

Proses penanganan, lanjut Sigit, baru dilakukan kemarin mengingat waktu kejadian. Warga dibantu petugas BPBD, relawan, Koramil dan Polsek turun membersihkan material tanah yang mengancam rumah Mubarok.

“Hari ini (kemarin,red) baru pembersihan, rencananya akan diteruskan besok dengan memasang karung untuk menahan tanah,” kata Sigit.

Ditambahkan, BPBD juga menyalurkan bantuan logistik kepada korban ancaman longsor untuk pemenuhan kebutuhan konsumsi sementara waktu. Jumlah jiwa yang menempati kedua rumah tersebut total ada 12 jiwa, dimana Sultoni memiliki 8 jiwa dan Mubarok 4 jiwa. (udi/dem)