RADARJOGJA.CO.ID – JOGJA – DIJ menjadi barometer perfilman nasional. Banyak sineas atau film maker berbakat bermunculan di Jogjakarta. Mendukung mereka, Dinas Kebudayaan (Disbud) DIJ mengadakan program pendanaan produksi film tahun anggaran 2017 ini.

“Dengan program ini para film maker bisa membuat film fiksi dan dokumenter secara gratis dengan mengajukan proposal karya film yang akan digarap,” ungkap Kepala Disbud DIJ Umar Priyono, kemarin (12/1).

Dia menuturkan, proposal yang diajukan para peserta harus berisikan tentang perencanaan film berdurasi 15 hingga 30 menit dengan latar belakang dinamika kebudayaan Jogjakarta. Indikatornya yakni penguasaan atmosfer sosial budaya di DIJ dan ketepatan memilih isu tematik yang diangkat dalam film.

“Diharapkan para sineas tidak hanya mengekpresikan budaya dalam film saja, tapi juga bisa menunjukkan kreativitas dan inovasi untuk mengangkat nilai-nilai kultural,” jelas Umar.

Disbud telah menetapkan lima kurator untuk menyeleksi dan memilih tujuh proposal, lima film fiksi dan dua film dokumenter. Proposal yang dinilai layak untuk diproduksi akan didanai Disbud DIJ.

Anggaran yang dikucurkan pun terbilang lumayan. Untuk satu film yang diproduksi akan diberikan Rp 180 juta untuk film fiksi dan Rp 150 juta untuk film dokumenter.

Salah satu kurator Indra Tranggono menerangkan, para peserta nantinya harus melihat Jogjakarta tidak hanya secara fisik saja, tapi harus menguatkan karakter yang digambarkan. “Terlebih bisa menjawab perubahan-perubahan yang terjadi di DIJ,” tambahnya.

Kepala Seksi Perfilman Sri Eka Kusumaning Ayu menjelaskan, dalam eksekusi kegiatan produksi film, terdapat tim supervisi yang akan melakukan pendampingan. Baik di bidang desain produksi, desain artistik, skenario, maupun editing.

“Selain tujuh proposal yang terpilih, delapan proposal film yang dinilai layak akan diberi kesempatan mengikuti workshop pengembangan perfilman,” ujarnya.

Penyerahan proposal sendiri akan diterima paling lambat 10 Februari 2017 baik melalui pos atau diantar langsung ke Kantor Disbud DIJ di Jalan Cendana, Jogja. (ita/ila)