RADARJOGJA.CO.ID – JOGJA – Kondisi surat suara untuk Pilwali Kota Jogja 2017 menjadi salah satu perhatian Komisi A DPRD Kota Jogja. Mereka berharap tidak ada surat suara yang rusak maupun cacat sampai ke tangan pemilih pada saat hari pencoblosan 15 Fenruari nanti.

Dalam kunjungan ke gudang KPU Kota Jogja untuk melihat proses penyortiran dan pelipatan surat suara kemarin (11/1), Komisi A meminta dilakukan secara serius dan hati-hati. Termasuk untuk surat suara yang tidak sempurna, harus dimusnahkan. “Kami minta untuk penyediaan dan pelipatan surat suara harus sesuai dengan prosedur, baik UU maupun PKPU,” ujar Ketua Komisi A Agusnur.

Menurutnya, surat suara yang akan digunakan nanti harus dalam kondisi sempurna. Cacat pada cetakan surat suara, meskipun hanya noda tinta beberapa milimeter, tidak boleh digunakan. “Surat suara untuk pencoblosan di TPS nanti harus dalam kondisi yang dipersyaratkan,” jelas politikus Partai Golkar itu.

Sementara itu Komisioner KPU Kota Jogja Divisi Logistik Hidayat Widodomengatakan, pada hari pertama penyortiran dan pelipatan kemarin total ditemukan 3.635 surat suara yang rusak. Total surat suara yang sudah dilipat pada hari pertama mencapai lebih dari 50 ribu dari total 306.849 surat suara untuk Pilwali nanti.