RADARJOGJA.CO.ID – JOGJA – Ikon Jogjakarta, Tugu Pal Putih, tengah menjadi buah bibir di media sosial (medsos). Terlebih dengan munculnya sebuah gambar tiga dimensi (3D) yang memperlihatkan Tugu Jogja setinggi 15 meter yang tampak kecil dibandingkan bangunan hotel dan mal di sekelilingnya.

Postingan dari akun Twitter @Jogja_Uncover itu bukanlah gambar maket resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah. Melainkan, sebuah gambar yang dibuat oleh pemilik akun, Ahmad Zaki.

“Gambar itu untuk menunjukkan kalau di kawasan Tugu banyak dibangun hotel akan tampak seperti itu. Berharap kawasan Tugu tetap lestari tidak disentuh pembangunan hotel dan mal,” ujarnya saat dihubungi, kemarin (11/1).

Ahmad mengungkapkan, bahwa pemilik lahan di sekitar kawasan Tugu sudah ancang-ancang menjual lahannya. Dikhawatirkan jika nantinya di sekitar Tugu akan dibangun hotel-hotel baru. Menurut Ahmad, gambar buatannya itu sebagai bentuk kegelisahan, jika nantinya Tugu dikelilingi bangunan pencakar langit.

“Itu bayangan kalau di sana tidak diatur. Saya buat gambar itu dengan sweethome 3D,” ungkapnya.

Dia berharap, sebagai warga Jogja, kawasan Tugu tidak kehilangan kekhasannya. Tugu tetap menjadi ikon budaya, dan tidak tersentuh dengan pembangunan kawasan yang asal-asalan.