RADARJOGJA.CO.ID – Sebanyak 24 nama dari 48 pemain basket putra dan putri U-18 DIJ telah dikantongi oleh manajer dan tim pelatih. Mereka nantinya akan diproyeksikan turun dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Bola Basket yang digelar di Cirebon 16 Januari mendatang. Dalam kejuaraan tersebut DIJ akan diwakili dua tim yang masing-masing terdiri dari tim putra dan putri.

Manajer Tim Basket U-18 DIJ Totok Haryanta mengatakan, sebelumnya pemain yang mengikuti seleksi sebanyak lebih dari 50 pemain. Namun setelah diseleksi pekan lalu di Lapangan SSS, Pathuk dan GOR Kridosono, mulai dilakukan seleksi serta penyusutan. Hal itu dilakukan untuk mendapatkan pemain-pemain yang benar-benar siap fisik dan skillnya. “Bakat-bakat pebasket muda DIJ banyak yang bagus. Sehingga seleksinya juga ketat. Kami awalnya sulit menentukan, tapi sisi positifnya jadi banyak pilihan,” ujarnya kemarin.

Semakin mepetnya waktu pertandingan, membuat pelatih dan manajer menentukan 24 pemain dalam dua tim tersebut. Sebagai pertimbangan, pelatih mengukur para pemain dengan banyak kriteria. Termasuk teknik individu, determinasi, dan kekompakkan antarpemain. Hampir semua pemain punya kualitas yang baik selama seleksi. Situasi ini yang menurutnya sulit menentukkan pemain yang lolos.

Seperti juga kontingen Kejurnas U-16 di Jakarta dua bulan lalu, tim U-18 juga akan berangkat secara mandiri. Biaya mandiri ini juga yang membuat Totok dan tim sepakat memasang target juara. “Kami sadar memang persaingan akan ketat. Namun kami optimistis bisa menyamai torehan tim U-16 lalu yang juga bisa juara,” tambahnya. (riz/eri)