RADARJOGJA.CO.ID – BANTUL – Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) UMY terus berinovasi dalam proses kegiatan belajar mengajar. Selain pengajaran di kelas, seatiap tahun jurusan ini rutin mengadakan pameran poster dakwah. Pameran yang diikuti seluruh mahasiswa KPI angkatan 2014 tersebut merupakan puncak dari mata kuliah elektronikal dakwah.

Sekretaris Prodi KPI, Imam Suprabowo mengatakan. pameran yang mengusung tema Komunikasi Kreatif untuk KPI Berkemajuan sesuai dengan visi dan misi dari prodi KPI. Yakni, berdakwah bukan hanya melalui mimbar namun dapat pula dilakukan melalui berbagai spot yang saat ini sedang ngetren di sosial media yaitu melalui dunia desain, foto, maupun yang berkaitan dengan teknologi.

“Dengan diadakannya pameran ini minimal lulusan KPI dapat menguasai berbagai macam keilmuan, terutama desain grafis, atau pun corel draw, yang menjadi standar lulusan. Pameran ini pula sebagai bentuk apresiasi terhadap mahasiswa kebanyakan yang pada awalnya belum menguasai desain grafis. Melihat hasil-hasilnya itu, tentu kami dari prodi merasa bangga pada mereka saat ini, minimal mereka bisa menguasai teknik-teknik elektronikal dakwah,” kata Imam.

Selain itu, tema yang diangkat dalam pameran sudah sesuai dengan misi Muhammadiyah yang berkemajuan. Sebab, KPI mampu berdakwah dengan bijak maupun secara kreatif melalui media sosial, dan kemampuan yang diberikan selama perkuliahan tersebut dibutuhkan oleh masyarakat. Manfaat dengan adanya pameran ini dibuktikan pula dengan lulusan mahasiswa KPI yang mampu bersaing dengan lulusan lain.

“Alumnus KPI 5 tahun lalu bernama Aka Sanjaya yang mengikuti pameran ini juga berhasil menjadi dosen fotografi di NTB. Keberhasilan ini kami anggap sebagai suatu pencapaian mahasiswa,” jelas Imam. (mar)