RADARJOGJA.CO.ID – Prestasi Kota Jogja sebagai kota terbaik kategori pariwisata berdampak besar bagi kunjungan wisatawan di kota ini. Tiap tahun, kunjungan pariwisata di Kota Jogja mengelami peningkatan sangat pesat. Hal tersebut tentu menggembirakan bagi pelaku pariwisata di Kota Jogja.

Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) maupun wisatawan domestik (wisdom) yang terus meningkat merupakan keberhasilan Wali Kota Jogja sebelumnya Haryadi suyuti. Untuk itu dalam Pilwali Kota Jogja 2017 nanti, mereka akan kembali memilih HS, yang kali ini berpasangan dengan Heroe Poerwadi.

Dukungan tersebut dibacakan oleh perwakilan Komunitas Pemandu Wisata Jogja Murwani di Posko Oemah Putih di Jalan Brigjen Katamso Selasa (10/1).

“Saat HSmemimpin Kota Jogja periode lalu berhasil menorehkan prestasi di bidang pariwisata, bahkan pada 2016 menjadi kota terbaik kategori pariwisata dalam ajang Attractiveness Award,” ujar Thole, sapaanya. Untuk itu, pada Pilwali nanti, Thole bersama rekan-rekanya akan mendukung dan memenangkan paslon nomor urut dua tersebut.

Saat menerima dukungan dari Komunitas Pemandu Wisata Jogja, calon Wakil Wali Kota Jogja HP mengingatkan tentang pentingnya tugas pemandu wisata. Menurut dia wisatawan akan merasa nyaman dan senang karena bisa tahu lebih terkait keberadaan bangunan maupun obyek wisata di Kota Jogja. “Jogja itu ngangeni karena pemandu wisata bisa memberi pemahaman yang baik ke wisatawan,” jelasnya.

Jika terpilih nantinya, HP sudah menyiapkan banyak terobosan. Salah satunya buku panduan wisata yang aksesnya mudahnya didapatkan. Buku tersebut berisi berbagai situs dan bangunan cagar budaya dan bersejarah di Kota Jogja, lengkap dengan deskripsinya. Buku tersbeut juga bisa menjadi sarana promosi wisata Kota Jogja.

Sementara itu isteri Calon Wali Kota Jogja HS, Tri Kirana Muslidatun juga meminta para pemandu wisata untuk bersiap menghadapi lonjakan jumlah kunjungan wisman maupun wisdom ke Kota Jogja. Terutama setelah nantinya bandara Kulonprogo sudah beroperasi. “Saat masih jadi Wali Kota kemarin, Pak Haryadi sudah banyak dipeseni dubes yang mau buka penerbangan langsung ke Jogja,” jelasnya. (pra/eri)