RADARJOGJA.CO.ID – JOGJA – Tak lama lagi Dwikorita akan segera mengakhiri masa tugasnya sebagai rektor Universitas Gadjah Mada (UGM). Sebelum itu terjadi, Majelis Wali Amanat (MWA) sudah mulai melakukan proses penjaringan calon rektor UGM periode 2017-2022. Rencananya, proses penjaringan akan dimulai pada 16 Januari mendatang.

“April nanti MWA akan menetapkan rektor yang akan menjabat selama lima tahun mendatang,” kata Anggota Panitia Kerja Seleksi Calon Rektor dan Pemilihan Rektor UGM Periode 2017-2022, Dr. Arie Sujito kepada wartawan, Rabu (11/1).

Arie menerangkan, Peraturan MWA UGM No. 3 Tahun 2016 tentang Tata Cara Seleksi Calon Rektor dan Pemilihan Rektor UGM menyebutkan bahwa seleksi Calon Rektor dan pemilihan Rektor dilaksanakan secara berjenjang melalui tahapan penjaringan Bakal Calon Rektor oleh Panitia Kerja, seleksi Calon Rektor melalui rapat pleno Senat Akademik, serta pemilihan dan penetapan Rektor oleh MWA yang akan dilaksanakan dalam Rapat Pleno Terbuka.

Dalam peraturan ini disebutkan, setidaknya ada 11 kriteria persyaratan yang harus dipenuhi para calon Rektor UGM. Antara lain, berkewarganegaraan Indonesia, berstatus sebagai dosen PNS atau dosen Pegawai Universitas, berpendidikan dan bergelar doktor, belum berusia 60 tahun pada saat dilantik menjadi rektor sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, serta tidak pernah dijatuhi pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap dengan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara paling singkat lima tahun.

Selain itu, komitmen terhadap pelestarian dan pengembangan nilai-nilai dan jati diri Universitas, kemampuan menjaga keutuhan dan keberlanjutan Universitas, integritas dan komitmen yang tinggi, jiwa kepemimpinan dan kemampuan manajerial, dan berwawasan luas mengenai pendidikan tinggi menjadi syarat yang harus dimiliki oleh bakal calon rektor dan merupakan komponen penting dalam proses penilaian.

“Semua persyaratan itu bisa dibaca di beberapa media massa maupun website khusus untuk seleksi dan pemilihan rektor mulai 12 Januari dengan alamat di http://seleksirektor.ugm.ac.id,” papar Ari. (mar)