RADARJOGJA.CO.ID – SLEMAN – Jika mengamati daftar pemain Bima Perkasa Jogjakarta yang dirilis untuk turun di Indonesia Basketball League (IBL) 2017, memang ada sedikit perbedaan. Tidak ada nama James Pledget, salah satu dari dua pemain asing yang sebelumnya dipilih oleh manajemen Bima Perkasa. James akhirnya dicoret dan digantikandengan Jamine Peterson.

General Manager (GM) Bima Perkasa Jogja, Rendianto Dozer Imani mengatakan, pergantian tersebut dilakukan karena manajemen kecewadengan perubahan nilai kontrak yang dilakukan James. Sebelumnya, sesuai yang disodorkan agennya, James menentukan nilai kontrak sesuai dengan budget manajemen. Namun, dalam perjalanan waktu harga yang ditawarkan tersebut tidak sesuai dengan nilai transfer pemain tersebut di pasaran karena lebih tinggi.

“Kami mampu memenuhi, tapi perubahan ini kesannya dipaksakan. Daripada mempengaruhi permainan pemain di lapangan dan keuangan tim lebih baik kami urungkan. Sedangkanuntuk pemain asing lainnya, Tyrell Corbin tetap didatangkan ke Jogja,” ujarnya, kemarin (9/1).

Pergantian dari James ke Peterson menurutnya tidak mempengaruhi kualitas skuadnya.Jamine Peterson, 27, dengan usia yang lebih matang dan lebih senior dibanding James Pledget, diyakini memiliki segudang pengalaman. Terlebih dari fisik Jamine dinilai punya keunggulan lebih baik yang akan menunjang mantan pemain NCAA tersebut dalam bermain sebagai center.”Jamine memiliki jangkauan yang panjang sehingga memudahkan dia untuk mencetak banyak skor. Kami harap mereka segera menyatu dalam tim,” imbuhnya.

Bima Perkasa yang hijrah dari Malang ke DIJ saat ini terus mempersiapkan tim dengan berlatih di GOR Klebengan. Karena dua legiun asing belum merapat ke Jogja, latihan baru diikuti 12 pemain. Menurut rencana pertengahan pekan ini kedua pemain asing itu sudah datang dan bisa diperkenalkan ke publik pecinta basket Jogjakarta.

Selanjutnya Bima Perkasa akan dimulai di Seri I yang berlangsung di GOR Kertajaya Surabaya, 20-22 Januari. Mereka akan bertanding dua kali melawan tim kuat Garuda Bandung (20/1) dan wakil Bandung lainnya, JNE Siliwangi (22/1). Kemudian dilanjutkan7 seri lainnya yaitu Seri II Jakarta (4-5/2), Seri III Semarang (10-12/2), Seri IV Jakarta (18-19/2), Seri V Bandung (25-26/2) dan Seri VI Jakarta (4-5/3). Lalu Seri VII Jogja (10-12/3), dan Seri VIII Bandung (17-19/3). (riz/din/ong)