RADARJOGJA.CO.ID – SLEMAN – Hujan disertai angin kencang menumbangkan beberapa pohon di Sleman, kemarin siang (9/1). Meski hanya berlangsung beberapa menit, mampu memporak-porandakan pohon hingga menimpa rumah warga. Dua orang terluka akibat bencana tersebut.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman Joko Supriyanto langsung menerjunkan timnya. Tindakan pertama yang dilakukan adalah pemotongan pohon tumbang. Sebab, beberapa pohon tumbang menutupi akses jalan-jalan utama.

Seperti di Jalan Kabupaten dan Jalan Gito Gati, kedua jalan sempat ditutup untuk upaya pembersihan. “Tak tanggung-tanggung, pohon yang tumbang rata-rata memiliki diameter yang besar,” ungkapnya kemarin.

Belum lagi pohon yang menimpa rumah dan fasilitas publik lainnya. Di antaranya di Gamping sisi utara, Kronggahan, Mlati dan sebagian Kecamatan Sleman.

Dia menjelaskan, beberapa titik pohon tumbang perlu penanganan khusus. Seperti di kawasan Kronggahan Kecamatan Mlati dan Lapangan Denggung, Tridadi Kecamatan Sleman. Dalam dua kawasan ini terdapat dua pohon beringin raksasa.

Meski tidak ada korban jiwa, namun kejadian ini menimbulkan kerugian materiil. Di Kronggahan terhitung satu warung makan dan lima sepeda motor rusak. Sementara di Lapangan Denggung, pohon beringin menimpa warung angkringan dan satu sepeda motor.