RADARJOGJA.CO.ID – Bencana tanah longsor kembali melanda Kecamatan Gedangsari. Kali ini, tebing di Desa Ngalang, Kecamatan Gedangsari runtuh dan menerjang pemukiman penduduk.

Bencana longsor terjadi diManggung RT3/4.Tebing setinggi 5 meter dengan panjang 30 meter longsor dan menimpa rumah milik Sadimin. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Kerugian ditaksir mencapai jutaan rupiah.

Ketua Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Desa Ngalang Siswanto mengatakan, selain merusak satu rumah, tanah longsor juga mengancam rumah Wasino, 28, di mana lokasinya di samping rumah Sadimin.

“Korban paling parah rumah Sadimin. Pada bagian dapurnya terkena longsoran, sehingga harus dibongkar sebelum material longsoran disingkirkan,” ungkap Siswanto.

Camat Gedangsari Muh. Setiawan mengatakan, kini bencana tersebut sudah terkondisikan. Karena respons cepat masyarakat dalam penanganan bencana. Menurutnya, Desa Ngalang ditetapkan sebagai desa tangguh bencana oleh BPBD, sehingga saat terjadi bencana, mereka tahu apa yang harus dilakukan. “Saya kira ini menjadi nilai plus,” kata Setiawan.

Sebelumnya, bencana alam juga menerjang Desa Ngawis Kecamatan Karangmojo. Rumah milik Suminem, 65, di Padukuhan Ngelo Desa Ngawis tertimpa pohon jati. Rumah limasan milik korban sebagian rusak. Warga setempat langsung bekerja bakti menolong. Selain itu, bencana terjadi di Desa Putat, Kecamatan Patuk. Jalan tergerus dan memicu longsor. Untuk menjaga keselamatan bersama, warga memasang rambu tanda bahaya.(gun/hes)