PSIM Jogja Latihan Perdana Pekan Ini

RADARJOGJA.CO.ID – JOGJA – Kongres tahunan PSSI di Hotel Aryaduta, Bandung, berakhir kemarin (8/1). Salah satu poin yang disepakati adalah waktu bergulirnya liga profesional Indonesia Super League (ISL) dan Liga Divisi Utama 2017.

Disepakati bahwa ISL akan kickoff pada 26 Maret 2017, sementara Divisi Utama sepekan lebih cepat yaitu 20 Maret 2017. Tak hanya itu, jika ISL kemungkinan masih menjadi satu wilayah, Divisi Utama akan dibagi menjadi dua zona, yaitu timur dan barat.

Melihat hasil tersebut, PSIM Jogja berencana sesegera mungkin memulai pembentukan tim dan latihan. Pelatih PSIM Jogja Erwan Hendarwanto mengatakan, pekan ini Sunni Hizbullah dkk akan segera dikumpulkan. “Pekan ini kami sudah harus mulai start. Bisa besok atau lusa. Sebab tim-tim lain juga sudah mulai latihan,” ujarnya kepada wartawan.

Pada latihan perdana tersebut, pelatih akan fokus pada kebugaran pemain. Sebab setelah lama tidak berlatih tentu kondisi fisik dan sentuhan bola pemain mengalami penurunan. Karena itu di awal-awal latihan belum masuk pada materi permainan dengan porsi berat.

Pelatih yang musim lalu mampu mengantarkan PSIM hingga fase 16 besar itu menyebut, setidaknya akan ada sekitar 15 pemain PSIM yang domisili Jogjakarta yang akan dipanggil untuk kembali berlatih. Sementara pemain yang berada di luar DIJ seperti Engkus Kuswaha, Raymond Tauntu dan Riskal Susanto akan dipanggil menyusul.

Namun Erwan juga mengungkapkan, kendala yang dihadapi timnya dalam menggelar latihan adalah faktor lapangan. Memang jika latihan dimulai pagi hari, masih ada beberapa lapangan yang bisa digunakan. Namun jika harus berlatih di waktu sore, biasanya perlu berbagi jadwal dengan tim lain di beberapa tempat latihan. “Di awal-awal untuk memantau fisik pemain mungkin sepekan bisa sampai empat kali latihan pagi dan sore. Namun bisa fleksibel melihat ketersediaan tempat,” imbuhnya.

Mengenai pembagian zona dan tim-tim Divisi Utama 2017 akan dibahas pada rapat Exco PSSI dan pertemuan manajer klub peserta. Media officer PSIM Rob Sumiarno yang turut hadir dalam kongres tahunan PSSI menyebutkan, PSIM masih akan fokus pada persiapan tim. Sementara mengenai lawan-lawan PSIM di Divisi Utama akan dibahas setelah adanya pembagian grup. “Termasuk mengenai Persebaya Surabaya yang telah dikembalikan menjadi anggota PSSI juga akan bermain di Divisi Utama,” bebernya. (riz/din/ong)