RADARJOGJA.CO.ID JOGJA – Sebuah rumah kosong di RT 14/RW 06, Danukusuman, Baciro, Gondokusuman, Jogja, kemarin siang (7/1) terbakar. Menurut saksi mata, sumber api berasal dari sisi belakang rumah yang tidak berpenghuni itu.

“Awalnya ada asap dari kotakan belakang rumah, terus ada anak kecil yang teriak kebakaran, ternyata api sudah mulai membesar,” ujar Nanok, salah seorang saksi mata.

Menurutnya, kebakaran diketahui sekitar pukul 15.15. Warga dengan peralatan seadanya sempat berusaha memadamkan api, sementara yang lain menghubungi pemadam kebakaran.

Ia tidak bisa memastikan penyebab api, karena di dalam rumah memang kosong, tidak ada perabotan, termasuk gas atau listrik yang sudah lama diputus. Dari penuturan warga, rumah yang masih model rumah lawas itu dulu dimiliki oleh pemilik warung bebek Cak Koting, tapi sudah dua tahun dijual. “Setahu saya yang beli orang Jakarta, tapi sudah lama kosong,” ujarnya.

Di Kota Jogja, kasus kebakaran memang cukup tinggi. Dari data Dinas Kebakaran Kota Jogja sejak Januari hingga November 2016, di dalam kota terjadi 48 kasus. Sekitar 70-80 persen karena instalasi listrik. (pra/laz/ong)