RADARJOGJA.CO.ID – Mengenalkan potensi desa secara lebih luas dan mendunia melalui website, merupakan upaya pihak Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang saat mendampingi warga dalam menghadirkan teknologi informasi di desa. Tidak hanya itu, dikenalkan pula e-commerce sehingga produk unggulan dari desa dapat dipasarkan melalui website agar lebih mudah dan murah. Ya, beberapa desa di Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang difasilitasi layanan website untuk menampilkan potensi desa yang dimiliki.

“Dari 28 desa yang ada di Kecamatan Grabag, tahap pertama ada lima desa yang difasilitasi layanan website. Yakni Desa Ngrancah, Sugihmas, Giriwetan, Tirto dan Desa Sambungrejo,” kata Dekan Fakultas Tehnik (FT) UM Magelang Dr Yun Arifatul Fatimah saat launching website Profile Potensi Desa di Kecamatan Grabag.

Sebanyak 14 mahasiswa dikerahkan untuk mengawal program tersebut. Mereka mahasiswa D3 Prodi Teknik Informatika FT UM Magelang dengan didampingi enam dosen pembimbing. Yakni Andi Widiyanto, Mukhtar Hanafi, Arry Widyanto, Nugroho Agung Prabowo, Bambang Pujiarto, dan Rochim Widaryanto.

“Program tersebut telah dirancang FT UM Magelang sebagai bentuk kerja praktek lapangan. Juga dalam rangka mengaplikasikan ilmu yang telah diterima di bangku kuliah,” tutur Yun.

Ditambahkan, kegiatan tersebut sebagai wujud melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Yakni dengan melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian di desa tersebut. Praktek lapangan yang dilakukan mahasiswa mengidentifikasi potensi yang ada di lima desa tersebut.

“Kemudian diimplementasikan kedalam program website desa,” ujarnya.

Camat Grabag Labbaika Nugroho menyambut baik kegiatan tersebut. Ia sangat mendukung kegiatan yang dilakukan FT UM Magelang.

“Dengan harapan dapat mengangkat potensi desa melalui teknologi yang belum kami ketahui sebelumnya,” tandasnya. (ady/dem)