RADARJOGJA.CO.ID – – Apa yang bisa Anda lakukan untuk hidup lebih lama? Salah satunya adalah dengan memiliki gen yang tepat yang tentunya meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan umur panjang dalam menjalani kehidupan.

Anda memang tidak bisa mengontrol genetika, tetapi ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kemungkinan hidup lebih lama. Gaya hidup, pola makan, sikap mental dan spiritual memainkan peran terbesar dalam umur panjang.

Karena itu, tak ada salahnya Anda memperhatikan beberapa tips hidup sehat dan panjang umur di bawah ini, seperti dialnsir laman Today, Kamis (5/1).

  • 1. Mengatur happy hour.

Memiliki happy hour adalah cara yang baik untuk menciptakan persahabatan dengan orang lain. Anggur merah adalah bagian dari diet umur panjang Sardinia, tetapi jika Anda tidak minum alkohol, tidak ada salahnya Anda berkumpul minum teh atau kopi dengan kerabat atau teman-teman Anda. Kuncinya di sini adalah sosialisasi.

  • 2. Memantau atau memonitor aktivitas Anda.

Jika ingin hidup lama, Anda harus melihat hal-hal yang Anda lakukan di sebagian besar hidup Anda.

  • 3. Makan makanan berbasis tanaman.

Makanan sehat seperti biji-bijian, buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan merupakan hal yang sehat dan murah. Mereka yang makan daging kurang dari lima kali dalam sebulan, memiliki risiko lebih kecil terserang diabetes, penyakit jantung dan kanker.

  • 4. Temukan cara untuk mengatasi stres Anda.

Stres adalah bagian dari kehidupan, tapi meskipun begitu, Anda harus mencari cara untuk mengatasi stres tersebut.

  • 5. Memiliki tujuan.

Benar-benar menyedihkan jika Anda hidup tanpa tujuan. Banyak orang tua yang masih aktif karena tanggung jawab mereka hanya berubah sedikit saja.

  • 6. Membuat teman di tempat kerja.

Sebagian besar dari kita menghabiskan banyak waktu di tempat kerja dan memiliki persahabatan di tempat kerja bisa menjadi penghilang stres loh.(jpnn/Ong)