RADARJOGJA.CO.ID-Penyidikan terhadap tersangka pencabulan Surya Risdianto, 24, mulai menunjukkan perkembangan berarti. Hasil penipuan dengan modus pencairan bakat modeling itu bertambah.

Polsek Ngaglik, Sleman menjelaskan, korban kini menjadi 48 siswi. Semua korban, merupakan hasil penipuan yang dijanjikan model melalui akun instagram “ykstudent”.

Kapolsek Ngaglik Kompol Danang Kuntadi menjelaskan, dalam aksinya, tersangka membual pencairan bakat modeling melalui direct message kepada pengikutnya. Bualan yang menjanjikan gaji tinggi sebagai modeling itu banyak membuat remaja perempuan tertarik.

Tersangka kemudian meminta calon mangsanya untuk mengirim foto-foto bugil mereka. “Foto telanjang disebut sebagai syarat terakhir jika korban ingin menjadi model,” jelasnya.

Korban 48 perempuan itu, mengirimkan foto-foto bugil mereka melalui email, WhatsApp, dan Blackberry Messenger (BBM) ke akun tersangka. Foto-foto itulah yang kemudian dijadikan tersangka sebagai senjata untuk mencabuli calon korbannya.

Saat jumpa darat dengan calon korban, tersangka mengancam akan menyebarkan foto-foto telanjang yang dikirim jika mereka tak mau melayani nafsu syahwatnya.

Dari penelusuran Radar Jogja Online, akun ykstudent tersebut tertutup. Artinya, untuk bisa mengetahui apa saja yang aktivitas medsos tersebut harus menjadi pengikutinya.

Tapi, yang tentunya membuat miris adalah penggunaan emblem pelajar Kota Yogyakarta. Itulah yang membuat akun ini terlihat biasa jika tak menjadi follower-nya.(bhn/eri)