RADARJOGJA.CO.ID – Harapan masyarakat Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Purworejo, untuk meningkatkan pendapatan dari keberadaan bangunan sentara kuliner di Pantai Jatimalang, belum bisa segera terwujud. Bangunan yang menelan dana ABPD 2016 sekitar Rp 1,7 miliar itu gagal selesai hingga akhir tahun.

Berada di bagian kanan jalan masuk utama ke Pantai Jatimalang, sentra kuliner ini sebenarnya akan menampung sedikitnya 20 pedagang makanan olahan hasil laut dari 10 bangunan yang ada. Hanya saja, bangunan belum selesai (mangkrak) dan tidak bisa digunakan.

“Sekarang sudah tidak ada pekerja lagi di sentra kuliner itu, walaupun pekerjaannya belum rampung,” kata warga setempat, Suwarto.

Jadi destinasi wisatawan dalam liburan Tahun Baru, warga sebenarnya sangat berharap keberadaan bangunan itu akan bisa digunakan masyarakat untuk mendapatkan keuntungan berlipat dari jualan kulinernya.

“Kalau bangunannya jadi, kesannya kan jadi bersih dan wisatawan tidak akan segan datang ke sentra kuliner itu,” tuturnya.

Asisten II Setda Purworejo Gandi Budi Supriyanto yang menjadi pelaksana tugas (plt) Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Purworejo mengaku, pihaknya belum memiliki kebijakan lanjutan mengenai infrastruktur di Pantai Jatimalang. Ia masih konsentrasi penataan kantor pasca terbentuknya organisasi perangkat daerah (OPD) baru.

“Kalau penataan kantor sudah selesai, baru kami konsentrasi ke sana dan membuat kebijakan yang sekiranya bisa direkomendasikan,” jelasnya

Dikatakan secara mendalam pihaknya belum mengetahui secara persis kondisi terakhir. Hanya ia pernah menggelar rapat membahas beberapa proyek yang belum selesai pekerjaannya menjelang pergantian tahun. (udi/dem)