Bakar Kalori Lebih Cepat, Dilirik oleh Kaum Hawa

Muay thai saat ini sedang digandrungi oleh warga Magelang. Meski olahraga asal Thailand ini termasuk ekstrem, banyak pula kaum hawa yang tertarik menggelutinya. Alasannya, karena bisa membakar kalori lebih cepat.

JEREMIA EKA, Magelang

BANYAK tempat fitness dan kebugaran di Kota Magelang membuka kelas untuk olahraga muay thai. Sejak beberapa bulan lalu, peserta kelas muay thai pun terus bertambah. Salah satunya di sasana Muay Thai GetFit yang berada di Jalan Gatot Soebroto.

“Pesertanya memang kian banyak. Tak hanya laki-laki, tapi juga perempuan yang berminat latihan,” ungkap pelatih muay thai Denny Setiawan, 41, kemarin (5/1).

Denny menuturkan, makin digemarinya olahraga ini kemungkinan juga karena digelarnya pertandingan taraf nasional di televisi. Jadi, masyarakat tahu adanya olahraga ini.

“Tak hanya olahraga, tapi muay thai merupakan seni bela diri. Jadi pas juga untuk kaum hawa mempelajarinya sebagai bagian dari self defense,” jelasnya.

Denny mengungkapkan, dalam muay thai memang banyak menggunakan teknik pukulan dan tendangan. Namun, dengan arahan dan bimbingan pelatih dapat mengurangi risiko cedera. Dengan pelemasan dan pemanasan yang benar sesuai instruksi, lanjutnya, rata-rata para murid di tidak pernah mengalami cedera.

“Kalau sedikit memar itu sudah biasa. Memang muay thai tergolong sebagai olahraga ekstrem, tapi sebenarnya sangat bagus sekali untuk kesehatan,” terangnya.

Denny menjelaskan, muay thai ini memiliki teknik dasar hampir sama dengan boxing atau tinju. Contohnya seperti jab (pukulan tangan kiri), straight (pukulan lemparan tangan kanan), hook (pukulan dengan arah setengah lingkaran menuju rahang lawan).

“Ada pula teknik dasar tendangan low kick (tendangan untuk tubuh bagian bawah biasanya pada pinggang) dan high kick (tendangan serangan untuk mengarah pada kepala),” katanya.

Dengan peralatan seperti pelindung pada kepala, badan, dan kaki olahraga ini sangat aman untuk dipelajari. Salah satu murid di sasana ini, Ratna Hapsari, 22, mengatakan olahraga ini sangat aman asal harus menurut instruksi pelatih. “Saya tertarik karena muay thai cepat sekali membakar kalori,” ungkapnya.

Menurut Ratna, di sasana ini lebih banyak peserta perempuannya dibanding laki-laki. Selain untuk menurunkan berat badan, banyak perempuan yang gandrung dengan muay thai sebagai salah satu upaya dalam mempertahankan diri. “Muay thai kan juga untuk bela diri,” tandasnya. (ila/ong)

[ad id=”38971″]