RADARJOGJA.CO.ID – Bondo nekad (Bonek), sebutan pendukung setia Persebaya Surabaya di Jogjakarta tak mau ketinggalan untuk mengawal Kongres PSSI 8 Januari mendatang. Bahkan, demi bisa menyaksikan tim kesayangannya itu kembali berkompetisi, Bonek meminta restu ke suporter DIJ.

Mereka mendatangi, keenam organisasi suporter. Mulai dari Brigatta Curva Sud (BCS), Slemania, Paserbumi, Curva Nord Famiglia (CNF), Brajamusti, dan The Maident. ” Kami bersyukur Alhamdulillahteman-teman suporter DIJ sangat mendukung perjuangan kami terhadap kembalinya Persebaya,” ujar Sesepuh Bonek Jogjakarta Tulus Budi.

Tulus menjelaskan, rencananya ada 50 suporter Bonek Jogja yang akan berangkat ke lokasi Kongres Tahunan PSSI di Bandung sebelum gelaran (7/1). Menggunakan jalur darat dengan bus sewaan, puluhan suporter Bonek Jogja selanjutnya akan bergabung dengan suporter-suporter Bonek dari daerah lain yang bakal datang ngluruk ke Kota Kembang, Bandung. “Informasi terakhir akan ada sekitar 3000 Bonekmania yang akan ke Bandung,” bebernya.

Pihaknya juga menegaskan, tujuan ribuan Bonek ke Bandung adalah mengawal dan memastikan status Bonek dikembalikan seperti sebelumnya. “Hak-hak Persebaya sebagai anggota dipulihkan dan bisa ikut kompetisi lagi. Karena kami sudah sangat rindu melihat Persebaya bisa berkompetisi di Liga Indonesia,” tandasnya.

Padahal, sebelumnya Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi mewanti-wanti Bonek untuk tidak usah berangkat ke Bandung. Edy menggaransi nasib Persiba akan dikembalikan. Tapi, hal tersebut tetap tak mengurungkan niat Bonek untuk berbondong-bondong mendatangi Kota Bandung.

Di Kota Kembang itu, mereka ingin tetap mengawal dan memastikan, Persebaya nasibnya dipulihkan seperti dahulu kala. Sehingga, mereka tetap bisa menyaksikan Mat Halil dkk berlaga. (riz/eri)