RADARJOGJA.CO.ID –Harga sejumlah kebutuhan pangan di Gunungkidul merangkak naik. Kenaikan terjadi dalam seminggu terakhir ini. Pedagang tak mau mengambil resiko rugi dan memilih mengurangi stok.

Ruswidatmi, pedagang di Pasar Argosari Wonosari mengatakan, di antara harga kebutuhan yang mengalami kenaikan adalah gula pasir, cabai, dan minyak goreng. Harga gula pasir semula Rp 13 ribu per kilogram naik menjadi Rp13,200 per kilogram atau naik Rp 200. Sedangkan minyak goreng setiap 12 kilogram, naik sebesar Rp 5,000. Namun untuk komoditas telur, beras, bawang merah dan bawang putih relatif stabil. Harga telur ayam di pasar tradisional terbesar di Gunungkidul ini justru mengalami penurunan.

“Semula satu kilogram Rp 21 ribu sekarang menjadi Rp 19 ribu,” kata Ruswidatmi, Kamis (5/1).

Sementara itu, harga beras kualitas bagus sekarang masih pada kisaran Rp 11 ribu per kilogram. Kemudian harga bawang tetap. Yakni satu kilogram Rp 33 ribu, harga bawang merah Rp 30 ribu per kilogram. Untuk harga kebutuhan pokok lain juga relatif tidak mengalami perubahan .

Sunarti, juga pedagang di pasar ini mengatakan, kenaikan cukup signifikan adalah komoditas cabai. Semua jenis cabai harganya melambung. Jenis cabai riwit merah semula satu kilogram Rp 100 ribu sekarang melonjak Rp 120 ribu. Cabai hijau semula satu kilogram Rp 15 ribu sekarang berubah menajdi Rp 30 ribu per kilogram. Cabai merah keriting semula Ro 40 ribu per kilogram sekarang naik menjadi Rp 50 ribu per kilogram. “Kenaikan sudah terasa sejak tiga hari lalu,” kata Sunarti.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan ESDM Gunungkidul Hidayat mengakui adanya kenaikan sejumlah harga kebutuhan pangan. Namun, pihaknya memastikan untuk stok masih relatif aman.

“Untuk komoditas cabai misalnya, bukan berasal dari petani lokal namun dari luar daerah, sehingga berpengaruh terhadap harga,” kata Hidayat.

Ia memastikan, secara umum harga kebutuhan pokok di wilayahnya relatif terjangkau. Hidayat mengimbau pada masyarakat agar tidak panik dan membeli secara tidak wajar.(gun/hes)