RADARJOGJA.CO.ID-Nasib Persebaya Surabaya bersama dengan enam klub lainnya menemui titik cerah. Salah satu pemilik suara di kongres tahunan PSSI di Bandung, Jawa Barat akhir pekan ini, (8/1) Asosiasi Provinsi (Asprov) DIJ mendukung pengembalian status keanggotaan ketujuh klub, Persebaya, Arema Indonesia, Persema Malang, Lampung FC, Persewangi Banyuwangi, Persibo Bojonegoro, dan Persipasi Kota Bekas.

“Pada prinsipnya kami menerima Persebaya dan sejumlah klub untuk kembali menjadi anggota PSSI. Karena memang sudah selayaknya dan harus diterima kembali menjadi anggota jika memang memenuhi persyaratan yang ada,” ujar Sekretaris Umum (Sekum) Asprov PSSI DIJ Dwi Irianto.

Tokoh sepakbola DIJ yang akrab disapa Mbah Putih ini menegaskan, PSSI hanya perlu memperhatikan keikutsertaan klub-klub tersebut dalam kompetisi mendatang. Baik itu di ISL ataupun di Divisi Utama. Pihaknya mewanti-wanti jangan sampai keputusan akhir, malah menimbulkan kegaduhan lagi. “Harus dimusyawarahkan terlebih dahulu dan pengurus PSSI yang baru ini harus memberikan keputusan yang tepat dan bijaksana,” imbuhnya.

Sesepuh Sepak Bola Jogjakarta Dwi Irianto

MP menyebutkan, pada kongres tahunan tersebut, Asprov PSSI DIJ akan mengirimkan 10 wakil untuk berangkat ke lokasi kongres di Bandung. Yaitu terdiri dari Ketua Umum Asprov PSSI DIJ dr Hadianto Ismangoen, dirinya, dan beberapa delegasi sebagai peninjau.

Agenda kongres, menurut Mbah Putih sudah jelas dan dapat diketahui seluruh peserta kongres. Tinggal nantinya apakah peserta akan menyetujui untuk dibahas atau tidak. “Jika memang ada masukan bisa dibahas nanti di raker. Kami berharap kongres berjalan lancar dan kompetisi berjalan baik,” tuturnya. (riz/eri)