RADARJOGJA.CO.ID – SLEMAN – Punya badan sehat di usia muda seharusnya dipakai untuk bekerja. Namun, kondisi itu berkebalikan dengan Sardiono alias Kencut. Pengangguran asal Seyegan, Sleman, ini dibekuk polisi setelah mencuri di wilayah Mlati.

Kapolsek Mlati AKP Supriyantoro menerangkan, pelaku dibekuk setelah kedapatan mencuri di rumah salah seorang korban belum lama ini. Saat beraksi, pelaku menggondol seekor burung murai, satu buah laptop dan handphone.

“Pelaku masuk dengan cara mencongkel jendela saat korban tidak berada di rumah,” jelas Supriyantoro kemarin (4/1). Setelah membawa kabur barang-barang curian, pemuda yang tidak memiliki tempat tinggal ini menjualnya ke sejumlah tempat.

Burung murai itu dijual ke pasar klithikan Sleman, sementara laptop dijual ke Pasar Cebongan. Sedangkan hanphone dipakai sendiri oleh pelaku. “Uang hasil penjualan digunakan untuk keperluan hidup sehari-hari,” jelasnya.

Kanit Reskrim Polsek Mlati Iptu Dandung Pratidinamengatakan, jajarannya berhasil membekuk pelaku setelah ada laporan dari masyarakat atas kecurigaan burung yang dijual. Saat itu pelaku membawa besek berisi burung di pasar klithikan. “Dari keterangan ini kami menangkap pelaku tak jauh dari pasar,” jelasnya.

Keseharian, Kencut tidak memiliki kediaman tetap. Setiap malam, pria berambut gondrong ini tidur di kolam pemancingan. Berdasarkan catatan kepolisian, kejahatan yang dilakukan pelaku sudah yang tiga kali. Tahun 2012 pelaku terlibat kejahatan pencurian dan di 2015 terlibat penganiyaan. “Pelaku kami jerat memakai Pasal 365 KUHP dengan ancaman maksimal 5 tahun penjara,” jelasnya. (bhn/laz/ong)