RADARJOGJA.CO.ID – Bupati Magelang Zaenal Arifin juga memastikan gaji para PNS akan bisa diterima masih dalam bulan Januari. Ia pun berharap pencairannya tidak terlalu lama.

“Kalau gaji tetap ditunda ya. Tapi kami harapkan tidak terlalu lama. Masih di bulan Januari bisa diberikan gajinya,” katanya.

Sementara itu, di tengah keterlambatan gaji, sempat beredar Surat Edaran Nomor 900/5594/31/2016 tentang penundaan gaji bulan Januari 2017 bagi PNS daerah Kabupaten Magelang. Surat tersebut tertanggal 29 Desember 2016 yang ditandatangani Plt Sekretaris Daerah Agung Trijaya.

Dalam surat tertulis penundaan dilatarbelakangi belum adanya penataan pejabat struktural, pejabat fungsional tertentu, di masing-masing SKPD yang mendasarkan pada Peraturan Daerah Kabupaten Magelang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Magelang.

Guru Mau Mengajar, Kok Minta Ongkos Suami

Dalam surat itu juga disebutkan, penundaan akan terjadi sampai dengan adanya penataan personel. Penundaan dimaksud sebagai upaya jangan sampai pelaksanaan pembayaran gaji menjadi suatu permasalahan di kemudian hari. Apalagi proses penataan personel masih terus dilaksanakan dan diupayakan untuk segera diselesaikan.

“Saya pikir dalam situasi perubahan OPD seperti ini, dari dulu samalah (gaji mundur, Red). Tapi kami berharap penyelesaian masalah ini tidak terlalu lama,” tandas bupati. (ady/dem)