RADARJOGJA.CO.ID – KULONPROGO – Gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemkab Kulonprogo Januari 2017 dijadwalkan cair 10 Januari. Hal itu sebagai dampak pembentukan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru.

Pimpinan Cabang Bank BPD Wates Riani Erniastuti mengatakan penundaan pencairan gaji harus menunggu SK Pemkab Kulonprogo terkait OPD Baru. Harus dilengkapi dengan bendahara yang baru pula.

“Penandatanganan slip gaji juga harus ditandatangani bendahara baru. Ekspektasi kami tanggal 10 Januari gaji baru bisa dibayarkan, semoga tepat waktu,” kata Riani usai pelantikan OPD baru di Setda Kulonprogo.

Rotasi jabatan yang dialami sejumlah PNS juga memengaruhi dokumen gaji instansi. “Daftar nama dan gaji yang diberikan juga harus disesuaikan dengan intansi dan pimpinan baru,” kata Riani.

Memang perlu koordinasi antara Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD). Namun, jika prosesnya cepat, maka proses pencairan gaji juga bisa dipercepat.

“Saya rasa para PNS juga paham kondisi ini. Penundaaan gaji sudah diumumkan usai pengambilan sumpah jabatan dan janji OPD yang baru,” ujar Riani.

Camat Lendah Sumiran mengatakan seperti PNS lain dia berharap pencairan gaji bisa tepat 10 Januari. Sebab, gaji tersebut merupakan satu-satunya sumber pendapatannya. “Jika telat, terpaksa cari utangan,” kelakar Sumiran. (tom/mar)